Find and Follow Us

Selasa, 16 Juli 2019 | 14:17 WIB

Tersangka Hambalang belum Ditahan, Ini Alasan KPK

Oleh : Firman Qusnulyakin | Selasa, 11 Juni 2013 | 04:02 WIB
Tersangka Hambalang belum Ditahan, Ini Alasan KPK
(Foto : inilah.com)

INILAH.COM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) hingga saat ini belum juga menahan tersangka korupsi mega proyek Hambalang, meski telah memeriksa banyak saksi.

Hal itu menjadi sorotan publik sehingga dikesankan KPK tidak berani berhadapan dengan kasus yang diduga melibatkan penguasa ini. Tiga tersangka kasus ini di antaranya mantan Menpora Andi Mallarangeng, dan Deddy Kusdinar.

KPK melalui juru bicaranya Johan Budi Sapto Prabowo menolak tudingan bahwa pihaknya sengaja memperlambat proses hukum itu dan tarik ulur untuk penahanan ketiga tersangka tersebut.

"Bukan tarik-ulur karena hampir tiap hari ada pemeriksaan saksi Hambalang untuk para tersangkanya," ujar Johan, Senin (10/6/2013).

Johan mengakui jika saat ini, KPK terus melangkapi berkas penyidikan para tersangka dengan tetap memanggil sejumlah saksi.

Disinggung soal audit Hambalang yang menjadi tameng KPK tidak lakukan penahanan, Johan akui belum dapat informasi detail soal itu. "Saya belum dapat informasi. Nanti saya cek," tandas Johan.

Untuk diketahui, KPK telah menetapkan tiga tersangka untuk korupsi pengadaan sarana dan prasaran Hambalang yaitu Andi Mallarangeng, Deddy dan Tengku Bagus Mokhammad Noor. Ketiga belum ditahan hingga saat ini.
Begitu juga dengan tersangka penerimaan gratifikasi terkait Hambalang, Anas Urbaningrum.[yeh]

Komentar

x