Minggu, 26 Oktober 2014 | 01:14 WIB
Follow Us: Facebook twitter
GMNI, Awal Karir Politik Taufik Kiemas
Headline
Taufiq Kiemas - (Foto: inilah.com)
Oleh: Firman Qusnul Yakin
nasional - Sabtu, 8 Juni 2013 | 21:07 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Politisi senior PDI Perjuangan Taufiq Kiemas telah meninggal dunia di Rumah Sakit di Singapura, penyebabnya kelelahan usai ikuti peringatan Hari Pancasila di Ende, NTT.

Perjalan karir politik telah terasa sejak muda. Ia memulai karier politiknya ketika dibangku mahasiswa dengan bergabung sebagai anggota GMNI hingga menduduki sejumlah posisi penting dalam organisasi itu. Inilah disebut pembentuk karakter Taufik Kiemas.

Kemudian ia bergabung dengan Partai Demokrasi Indonesia dan terpilih sebagai anggota DPR/MPR-RI pada tahun 1992. Selama masa Orde Baru, karier politiknya banyak dikebiri oleh pihak penguasa. Kariernya mulai cemerlang, ketika rezim Soeharto tumbang.

Pada Pemilu 1999, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) keluar sebagai pemenang. Kemenangan ini mengantarkan istrinya Megawati Soekarnoputri menjadi Wakil Presiden dan kemudian Presiden Indonesia kelima.

Kini sebagai salah satu tokoh penting di partai, ia menjabat sebagai Ketua Dewan Pertimbangan Pusat (Deperpu). Ia kembali terpilih menjadi anggota DPR periode 2009–2014 dari PDIP untuk Daerah Pemilihan Jawa Barat II.

Meski PDIP menjadi oposisi, namun kepiawaian TK, hingga dirinya terpilih menjadi Ketua MPR RI hingga akhir hayatnya.

Sebagai politikus terkemuka, banyak penulis yang mengulas karier politik Taufiq Kiemas, diantaranya ialah karya Derek Manangka yang berjudul Jurus Dan Manuver Politik Taufiq Kiemas : Memang Lidah Tak Bertulang yang terbit pada tahun 2009. [mes]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER