Senin, 1 September 2014 | 20:40 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Indonesia Alami Anomali Hujan di Musim Kemarau
Headline
(Foto: inilah.com)
Oleh: Ahmad Farhan Faris
nasional - Rabu, 5 Juni 2013 | 19:05 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Badan Meterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan, saat ini beberapa wilayah di Indonesia tengah mengalami anomali (penyimpangan) hujan di musim kemarau.

"BMKG memperkirakan sampai bulan Agustus 2013, potensi hujan diatas normal," kata Kepala BMKG Sri Woro B Harijono di BMKG, Jakarta, Rabu (5/6/2013).

Harijono menjelaskan, perkiraan anomali penyimpangan cuaca hujan diatas normal diantaranya wilayah pulau Jawa, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara, Bali dan Maluku. "Ini peluang kejadian hujan lebat selama periode ini juga akan turun, sedangkan untuk wilayah Kalimantan dan Sumatera masih normal," ucapnya.

Ia melanjutkan, terjadinya anomali (penyimpangan) hujan di musim kemarau karena suhu permukaan laut di wilayah perairan Indonesia lebih tinggi dari normalnya. "Selain itu, angin dari timur juga biasanya dominan pada musim kemarau melemah (dihambat angin dari barat) di atas wilayah Indonesia selatan ekuator sehingga tingkat curah hujan signifikan," jelasnya.

Kemudian, kenaikan anomali tersebut antara +0.5 sampai dengan +2.0 celcius dimana lebih tinggi dibanding dengan angka normalnya yakni 28.5 - 29.5 celcius. "Memang 8% luas wilayah Indonesia sudah memasuki musim kemarau dengan sifat hujan diatas normal, tapi sebagian besar kembali hujan sejan Mei," jelasnya lagi.

Di samping itu, Harijono mengatakan bahwa untuk kawasan selatan (Jawa) meski diterpa hujan cuaca panas akan tetap tinggi. Sebab, itu semua akibat pemanasan global yang terjadi di bumi sehingga muncul tekanan rendah dan menyebabkan penumpukan massa uap air.

"Jadi untuk selatan Jawa tempratur tetap panas, bahkan bukan hanya di Indonesia saja terjadi anomali, di Jerman, Norwegia dan negara lain juga terkena dampak karena pola tersebut terjadi peningkatan curah hujan," tandasnya.[bay]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER