Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Desember 2014 | 11:44 WIB
Hide Ads

Anis Baswedan: Demokrasi Alami Pergeseran Nilai

Oleh : Fadly Dzikry | Minggu, 2 Juni 2013 | 18:30 WIB
Anis Baswedan: Demokrasi Alami Pergeseran Nilai
Rektor Universitas Paramadina, Anis R Baswedan - (Foto : inilah.com/Ardhy Fernando)

INILAH.COM, Jakarta - Rektor Universitas Paramadina, Anis R Baswedan menilai demokrasi yang berjalan di Indonesia saat ini telah mengalami pergeseran dari cita-citanya. Demokrasi yang saat ini berjalan telah bertolak belakang dengan semangat gotong royong seperti yang ada dalam Pancasila.

"Pada masanya (demokrasi) gotong royong, ketika demokrasi berjalan baik, kalau kita lihat kondisi saat ini maka demokrasi itu mengalami pergeseran," ujarnya dalam acara diskusi memperingati Hari Lahirnya Pancasila, di Jakarta, Minggu (2/6/2013).

Anis menambahkan pada masa lalu para pemimpin bangsa dengan mudah menerapkan konsep semangat gotong royong dan demokrasi, tetapi masa sekarang hal tersebut sulit diwujudkan.

"Piagam jakarta (sila Kesatu Pancasila), menghilangkan frasa menjalankan syariat islam bagi pemeluknya, ada protes terhadap hal itu. Lalu Hatta kumpulkan tokoh-tokoh islam, dalam waktu 15 menit semua dapat terselesaikan," jelasnya.

"kalau masalah yang seserius ini bisa diselesaikan dalam waktu singkat, berarti itu bukti seseorang lebih mencintai negara nya dari pada diri sendiri, dari pada kelompok atau golongan, ini semangat gootong royong," tambahnya.

Sebelumnya, permasalahan demokrasi di Indonesia masih dianggap belum mengakomodir seluruh kehidupan berbangsa dan bernegara, selain itu banyak pihak yang menilai, saat ini demokrasi hanya memperjuangkan kepentingan kelompok dan golongan. Belum memperjuangkan kepentingan masyarakat secara menyeluruh.[bay]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Login with