Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 23 Desember 2014 | 13:10 WIB
Hide Ads

Dijemput Paksa, Bupati Aru Dieksekusi

Oleh : Renny Sundayani | Rabu, 29 Mei 2013 | 13:54 WIB
Dijemput Paksa, Bupati Aru Dieksekusi
kuasa hukum Teddy, Yusril Ihza Mahendra - inilah.com/Ardy Fernando

INILAH.COM, Jakarta - Bupati Aru, Teddy Tengko hari ini dieksekusi dan dijemput paksa oleh personel TNI AD, Brimob dan Jaksa. Saat ini dikabarkan Teddy Tengko sudah diterbangkan ke Ambon.

Hal ini dibenarkan oleh kuasa hukum Teddy, Yusril Ihza Mahendra melalui pesan singkatnya, Rabu (29/5/2013). Yusril menjelaskan kronologisnya penangkapan Teddy, awal mulanya Bupati Aru ini diberitahu bahwa Danrem Ambon akan datang ke Bupati Aru dan diminta untuk menjemput.

Namun ketika pesawat mendarat, Teddy dinaikkan ke pesawat oleh petugas dan langsung diterbangkan ke Ambon.

" Saya memang berkomunikasi dengan Teddy dalam beberapa hari terakhir dan menjelaskan kepadanya bahwa segala upaya hukum telah saya lakukan terkait putusan batal demi hukum Ps 197 KUHAP," ucapnya.

Seperti diketahui, Mahkamah Agung memvonis Teddy Tengko bersalah dalam kasus korupsi dana APBD Kabupaten Kepulauan Aru tahun 2006-207, sebesar Rp42.5 miliar. Teddy dikenakan hukuman pidana 4 tahun penjara, dan denda Rp500 juta, serta harus menganti kerugian negara sebesar Rp5,3 miliar.

Namun, Teddy menolak saat hendak dieksekusi kejaksaan setempat, dengan dalih putusan kasasi MA tidak bisa mengeksekusi karena tidak memenuhi Pasal 197 ayat 1 huruf K KUHP, yang tidak menyebutkan adanya perintah penahanan. Selain itu berbagai upaya eksekusi kejaksaan juga menemui kegagalan, oleh sekelompok massa yang diduga pendukung teddy.[bay]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Login with