Rabu, 24 September 2014 | 01:21 WIB
Follow Us: Facebook twitter
PDIP Gugat Kecurangan Pilgub Bali
Headline
(Foto : inilah.com/Dewa Putu Sumerta)
Oleh: Dewa Putu Sumerta
nasional - Minggu, 26 Mei 2013 | 17:04 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Denpasar - Sidang pleno KPU Bali telah menetapkan pasangan Made Mangku Pastika-Ketut Sudikerta (PastiKerta) unggul dalam Pilgub Bali. Namun PDIP tidak terima penetapan itu karena merasa dicurangi dan akan mengajukan gugatan hasil Pilgub Bali ke Mahkamah Konstitusi (MK).

Wakil Sekjen PDIP Hasto Christianto menyatakan, gugatan Pilgub Bali akan diajukan ke MK dan Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu.

"Kami akan ajukan dua gugatan, yakni terkait kecurangan hasil rekapitulasi dan perilaku jajaran KPU," ujarnya di kantor DPD PDIP Bali di Jalan Moncong Putih, Denpasar, Minggu (26/5/2013).

Sidang pleno rekapitulasi suara di KPU Bali, kata Hasto, dua saksi partai asuhan Megawati Soekarnoputri yang hadir menolak menandatangani berita acara hasil rekapitulasi tersebut tadi siang.

Hasto beralasan, berdasarkan dokumen C1 autentik atau hasil rekapitulasi di tingkat TPS, kandidatnya Puspayoga-Sukrawan (PAS) sebenarnya lebih unggul dari paket PastiKerta. "Paket PAS memperoleh suara 1.063.562, sementara pasangan Pastika-Sudikerta memperoleh 1.063.230 suara, dengan selisih suara 332," jelasnya.

Sebelumnya, Hasto sempat berharap KPU Bali masih membuka ruang untuk melakukan verifikasi atas hasil rekapitulasi yang berbeda dari PDIP atas berbagai temuan pelanggaran Pilgub Bali.

"Namun sayang semua itu ditutup oleh KPU Bali yang bertindak sudah tidak netral dan seolah dibawah tekanan," tegasnya. [yeh]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER