Kamis, 23 Oktober 2014 | 20:04 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Kriminolog: Geng Motor Klewang Seperti Parpol
Headline
ilustrasi - (Foto : istimewa)
Oleh:
nasional - Senin, 20 Mei 2013 | 11:30 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Pekanbaru - Kriminolog dari Universitas Islam Riau, Syahrul Akmal Latif, menduga adanya keterlibatan partai politik (parpol) dalam pembentukan organisasi geng motor yang dipimpin Suardirejo alias Klewang di Pekanbaru.

"Jika telah dibentuk oleh parpol, tentu ada kepentingan politiknya. Namun indikasi ini masih dalam penelusuran," kata Syahrul di Pekanbaru, Senin (20/5/2013).

Menurut dia, sejumlah organisasi geng motor dengan `pucuk` pimpinan bernama Klewang bukan merupakan organisasi instan yang dapat tumbuh dengan sendirinya dan leluasa berbuat onar hingga aksi-aksi kejahatan. Dalam membentuk organisasi geng motor, menurut dia, membutuhkan waktu dan strategi yang benar-benar `matang`.

Salah satunya, kata Syahrul, yakni strategi menjaringan kader hingga pemilihan pimpinan-pimpinan yang menjadi `kaki-tangan` Klewang. Kemudian adanya strategi pengembangan `sayap-sayap` dari kelompok geng motor hingga menjadi beberapa bagian dan tersebar di sejumlah wilayah.

"Semuanya ini merupakan strategi yang benar-benar matang, sama seperti pembentukan organisasi yang merupakan `sayap-sayap` parpol," katanya.

Terlebih, kata Syahrul, pertumbuhan kelompok-kelompok geng motor di Pekanbaru yang begitu pesat.

"Hanya dalam tempo kurang dari tiga tahun, geng motor di Pekanbaru sudah membentuk sejumlah kelompok yang terus saja berbuat kejahatan. Namun terungkapnya baru belakangan ini," katanya.

Kondisi demikian, menurut dia, patut dicurigai dan sewajarnya aparat kepolisian melakukan pendalaman agar pengungkapan kasus menjadi benar-benar maksimal.

Aparat Kepolisian Resort Kota (Polresta) Pekanbaru sebelumnya telah menangkap Klewang bersama belasan anak buahnya yang tergabung dalam beberapa kelompok geng motor. [antara]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER