Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 3 Juli 2015 | 22:36 WIB
Hide Ads

2014, Parpol Bidik Kelompok Pemuda

Oleh : Marlen Sitompul | Jumat, 17 Mei 2013 | 05:02 WIB

Berita Terkait

2014, Parpol Bidik Kelompok Pemuda
ist

INILAH.COM, Jakarta - Perhelatan politik 2014 sudah didepan mata, seiring dengan perjalanan waktu, dengan asumsi itu, maka tahun 2013 pun di dapuk sebagian orang sebagai tahun politik, terutama bagi partai-partai yang akan menjadi kontestan dalam pemilu 2014.

Menanggapi hal itu, politikus PDIP, Budiman Sudjatmiko mengatakan, sasaran pemilih partai politiki (Parpol) pada Pemilu 2014 adalah mayoritas pemuda (usia 17-40 tahun) yang bisa dikategorikan sebagai kelompok masyarakat yang melek informasi. Menurutnya, hal itu tentu sedikit banyak mereka menerima dan akrab dengan informasi terkait dinamika politik ditingkat lokal maupun nasional.

"Maka sudah semestinya partai-partai politik melakukan upaya yang lebih maksimal untuk memperoleh dukungan dari kelompok pemuda ini," kata kata Budiman, melalui rilisnya, Jakarta, Kamis (16/5/2013).

Lebih lanjut dia mengatakan, ini menjadi tantangan yang menarik, terutama kepada caleg yang masih muda dan mampu melakukan komunikasi politik yang efektif terhadap pemilih, baik itu berbasis issue maupun pendekatan berbasis kelompok/komunitas.

"Pada pemilu 2014 kita bisa mengukur kualitas demokrasi yang sudah kita bangun selama 15 tahun terakhir, apakah tingkat partisipasi pemilih kita akan semakin baik, apakah penyelenggaraan pemilu kita akan semakin bersih dengan ditandai minimnya kecurangan atau protes akibat kecurangan," jelas mantan aktivis itu.

Selain itu, kata Budiman, situasi objektif memang kurang menguntungkan parpol secara keseluruhan. Hal itu dikarenakan maraknya kasus dan issue korupsi yang menjerat beberapa oknum parpol.

"Meski itu tidak terjadi pada seluruh kader partai tetapi opini masyarakat sudah terlanjur terkonstruksi bahwa para politisi dan partai politik tidak ada yang bersih," kata Budiman. [mes]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.