Kamis, 24 Juli 2014 | 22:25 WIB
Follow Us: Facebook twitter
PPP Teratas Caleg Perempuan Nomor Urut Satu
Headline
Ist
Oleh: Firman Qusnul Yakin
nasional - Senin, 13 Mei 2013 | 01:42 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Partai Persatuan dan Pembangunan (PPP) berada di urutan pertama yang menempatkan bakal calon legislatif (Bacaleg) perempuan, sebanyak 22 orang dari 12 Partai Politik (Parpol) yang menjadi kontestan Pemilu 2014 mendatang.

"Dari 22 bacaleg perempuan PPP di nomor urut satu, hasil penelusuran kami, ada enam orang artis," terang Direktur Eksekutif Perkumpulan Untuk Pemilu dan Demokrasi (Perludem) Titi Anggraini, di Jakarta Pusat, Minggu (12/5/2013).

Sementara itu, Partai lainnya yang menempatkan perempuan diurutan teratas, yakni PAN dengan 20 orang, diikuti Demokrat 17 orang, Hanura 14 orang, NasDem 12 orang, dan PDI Perjuangan 10 orang.

Berdasarkan hasil temuan Perludem, tutur Titi, hampir sebagian besar parpol menempatkan keterwakilan perempuan di kisaran nomor urut 3, 5 dan 6. Lebih lanjut, sambung Titi, dalam sistem proporsional daftar terbuka, nomor urut calon tidak menetukan keterpilihan calon.

Akan tetapi, tetap saja hal itu menjadi pertimbangan partai karena partai dan calon merasa nomor urut paling kecil merasa lebih besar peluang terpilihnya.

"Data hasil pemilu 2009 menunjukan hal itu, sehingga bacaleg perempuan akhirnya 'dikorbankan' hanya menempati urutan paling buncit diantara 1 dalam 3. Di sini tampak sekali parpol tetap tidak memberikan kesempatan secara maksimal kepada bacaleg perempuan," tandasnya. [mes]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER