Minggu, 26 Oktober 2014 | 05:05 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Ini Alasan E KTP Tidak Boleh di Foto Copy
Headline
(Foto : inilah.com/Ardhy Fernando)
Oleh: Fadhly Dzikry
nasional - Rabu, 8 Mei 2013 | 17:17 WIB

INIlLAH.COM, Jakarta - Dirjen Kependudukan dan Catatan Sipil Kementrian Dalam Negeri Mengatakan (Dirdukcapil Kemendagri), Irman mengatakan alasan dibalik pelarangan foto copy E KTP karena untuk memberikan pelayanan yang lebih prima bagi masyarakat.

Selain itu dirinya juga mengatakan pelarangan foto copy tersebut untuk mencegah kerusakan chip yang ada di dalam E KTP.

"Dilarangnya E KTP untuk mencegah kerusakan pada chip, tapi bukan berarti chip nya mudah rusak, Selain itu tidak di foto copy itu supaya untuk pelayan prima masyarakat dapat terwujud," jelasnya di gedung Kementrian Dalam Negeri, Rabu (8/5/2013).

Irman melanjutkan, apabila E KTP di foto copy maka E KTP yang ada, dapat disalah gunakan sebagai mana KTP yang saat ini ada. Irman melanjutkan dengan adanya E KTP maka seseorang tidak dapat lagi memalsukan identitas.

"E KTP tidak lagi bisa di palsukan untuk kepentingan yang tidak benar, tujuan E KTP agar KTP tidak bisa dipalsukan. E KTP kita di lengkapi dengan chip," katanya.

Ia menambahkan, dalam chip tersebut terdapat identitas lengkap seseorang, dan apabila KTP seseorang tersebut digunakan oleh orang lain untuk kejahatan maka akan langsung terdeteksi adanya penyalahgunaan.

"Didalam chip tersebut ada sidik jari, biodata dan pas poto. Walau secara fisik juga bisa di lihat, tetapi ketika digunakan maka sidik jari dan iris mata nya akan berbeda, jadi bisa ketauan," tandasnya.[bay]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER