Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 31 Agustus 2015 | 20:17 WIB
Hide Ads

Kini, Akta Kelahiran Tak Lewat Pengadilan

Oleh : Fadhly Dzikry | Sabtu, 4 Mei 2013 | 01:01 WIB
Kini, Akta Kelahiran Tak Lewat Pengadilan
Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali - (Foto: inilah.com/Agus Priatna)

INILAH.COM, Jakarta - Ketua Mahkamah Agung (MA) Hatta Ali mengatakan beban para hakim akan berkurang seiring dengan dicabutnya Pasal 32 ayat (2) Undang-undang (UU) Nomor 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Pasalnya bagi warga Indonesia yang ingin membuat akta kelahiran yang telah melewati masa kelahiran lebih dari satu tahun, tidak perlu lagi melalui pengadilan.

"Saya kira itu tidak ada masalah bagi pengadilan, malah justru
mengurangi beban para hakim," kata Hatta Ali , di Gedung MA, Jakarta Pusat, Jum'at (3/5/2013).

Untuk menindak lanjuti keputusan MK tersebut, Hatta melanjutkan dirinya telah menerbitkan SEMA Nomor 1 Tahun 2013 tentang Pencabutan SEMA Nomor 6 Tahun 2012 tentang pedoman penetapan pencatatan kelahiran yang melampaui batas satu tahun secara kolektif. Atas keputusan SEMA itu, maka diminta Akta Kelahiran yang telah masuk ke pengadilan sebelum putusan MK agar segera diselesaikan.

"Bagi pemohon yang baru mengajukan jangan diterima, tapi yang sudah masuk supaya diselesaikan. Dan itu biasanya penyelesaiannya satu hari," tandasnya.

Dalam keputusan tersebut, MK berpendapat keterlambatan melaporkan kelahiran melebihi 1 tahun yang harus dengan penetapan pengadilan dinilai memberatkan masyarakat, terutama yang berada di pelosok-pelosok desa. [mes]

Berita Terkait Lainnya

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.