Sabtu, 29 November 2014 | 11:47 WIB
Follow Us: Facebook twitter
DPD: Putusan MK Sangat Positif
Headline
Ketua DPD Irman Gusman - Ist
Oleh: Marlen Sitompul
nasional - Sabtu, 27 April 2013 | 18:25 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Yogyakarta - Mahkamah Konstitusi (MK) melalui putusan No 92/PUU-X/2012 telah mengembalikan kewenangan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) yang sebelumnya direduksi oleh Undang-Undang (UU) No 27/2009 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3) dan UU No 12/2011 tentang Pembentukan Peraturan Perundangan (P3).

Menanggapi hal itu, Ketua Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Irman Gusman mengapresiasi putusan MK yang mengakui keberadaan DPD sebagai lembaga negara yang memiliki hak dan kedudukan yang sama dengan lembaga negara lainnya, yaitu DPR dan Presiden untuk mengajukan RUU.

"Putusan MK sangat positif sekali. Mengembalikan hak dan kewenangan DPD sebagaimana yang diatur konstitusi," kata Irman, dalam diskusi bertajuk "Proses Legislasi Model Tripartit (DPR, DPD, dan Presiden) Pasca Putusan MK," di Ballroom Hotel Sheraton, Yogyakarta, Sabtu (27/4/2013).

Menurutnya, hal ini sebagai momentum dalam memperbaiki perubahan legislasi nasional agar lebih baik. Sehingga, diharapkan bisa lebih efisien dalam membuat UU.

"Ini bukan soal menang kalah. Semua demi penafsiran yang jelas. Sesungguhnya ini adalah perubahan luar biasa dalam proses legislasi," tegasnya.

Diskusi tersebut merupakan bagian dari kegiatan Press Gathering wartawan Parlemen. Wakil Ketua DPD RI, Gusti Kanjeng Ratu Hemas yang juga sebagai istri Sri Sultan Hamengkubuwono X, dan La Ode Ida.[man]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER