Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 26 September 2017 | 19:35 WIB

Dapil Jakarta Bertabur Bintang

Oleh : R Ferdian Andi R | Kamis, 25 April 2013 | 15:17 WIB
Dapil Jakarta Bertabur Bintang
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Mayoritas partai politik menjadikan daerah Pemilihan DKI Jakarta baik I, II dan III menjadi ajang adu gengsi. Sejumlah nama andalan dipasang di dapil ini. Siapa yang bakal unggul?

Daftar Caleg Sementara (DCS) yang dilansir Komisi Pemilihan Umum (KPU) menunjukkan keseriusan sejumlah partai politik menghadirkan calon anggota legislatif andalan di masing-masing partai politik.

Seperti di dapil DKI Jakarta I (Jakarta Timur), sejumlah nama beken dicalonkan oleh masig-masing partai politik. Seperti di Partai NasDem yang mencalonkan Taufik Basari, pengacara yang namanya melambung saat kasus Bibit-Chandra mencuat ke publik. Taufik Basari alias Tobas juga pernah mencalonkan diri sebagai komisioner Komnas HAM namun gagal.

Di PKB yang dalam Pemilu 2009 lalu tidak bisa mengirimkan satu pun anggota DPR dari Dapil Jakarta ini kini mencalonkan pesohor Said Saleh Bajuri, yang dikenal sebagai pemain sinetron komedi itu. PKS mencalonkan calon petahana Ahmad Zainuddin. Sedangkan PDI Perjuangan mencalonan Adang Ruhiatna Puradireja yang saat ini sudah duduk di DPR RI, selain itu juga mencalonkan bekas Sekretaris Daerah Pemrpov DKI Jakarta Fadjar Panjaitan.

Adapun Partai Golkar, di dapil sama mencalonkan putera politisi senior Partai Golkar Mahadi Sinambela yakni M Fahreza Sinambela. Selain itu, di nomor urut 4,Partai Golkar menempatkan presenter kondang Charles Bonar Sirait.

Di Partai Demokrat, kembali menempatkan Hayono Isman yang kini duduk di Komisi I DPR RI. Partai Amanat Nasioal (PAN) juga tak mau kalah dengan mencalonkan bekas cawagub DKI Jakarta Didik J Rachbini dan Anzhar Cakra Wijaya (anggota Komisi III DPR).

Sedangkan di Dapil DKI II (Jakarta Pusat, Jakarta Selatan dan Luar Negeri), nama-nama beken juga muncul. Seperti PKB menempatkan Abdul Wahid Maktub, bekas Duta Besar Qatar. Jaringan luar negeri, sepertinya dijadikan alasan menempatkan staf khusus Menakertrans Muhaimin Iskandar ini.

Di PKS juga mencalonkan Hidayat Nur Wahid, bekas Cagub DKI Jakarta yang memang dikenal memiliki jaringan kuat di luar negeri. Selain itu, PKS juga mencalonkan Dani Anwar, mantan Cawagub DKI dalam Pilgub 2007 lalu. Saat ini, Dani masih menjadi anggta DPD RI Dari Provinsi DKI Jakarta.

Partai Golkar masih menempatkan calon petahana yang kini duduk di Komisi I DPR RI yakni Fayakhun Andriadi, yang juga menantu politisi senior Partai Golkar Muladi. Di PDI Perjuangan juga melakukan hal yang sama menempatkan calon petahana yaitu Eriko Sotarduga. Di samping juga mencalonkan Ketua Umum Repdem Masinton Pasaribu yang mendapat nomor urut 3.

Partai Gerindra juga tak mau kalah. Di Dapil Jakarta II ini, Gerindra mencalonkan bekas Cawagub DKI Jakarta dari calon independen yakni Biem Benjamin yang juga bekas anggota DPD RI periode 2004-2009. Di nomor urrut 2, Partai Gerindra mencalonkan pesohor Bondan Winarno yang dikenal sebagai pemandu acara kuliner.

Di Partai Demokrat juga menempatkan kader andalannya yakni Melani Suharli yang saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua MPR RI. Di samping juga menempatkan di nomor urut 2, Kasstorius Sinaga yang juga tercatat sebagai pengurus DPP Partai Demokrat yang sebelumnya dikenal ssebagai Staf Ahli Kapolri era Bambang Hendarso Danuri ini.

Partai Amanat Nasional memasang andalannya Dwiki Darmawan yang dikenal sebagai musisi kelas atas. Adapun PPP juga mencalonkan calon petahana yakni Okky Assokawati di samping juga mencalonkkan Lena Maryana Mukti bekas anggota DPR periode 2004-2009 serta Kivlan Zein yang dikenal sebagai bekas Kepala Staf Kostrad TNI ini.

Di Dapil DKI III (Jakarta Barat, Jakarta Utara dan Kepulauan Seribu), Partai NasDem menempatkan artis Jane Shalimar. Sedangkan PKS, menempatkan Ahmad Riyaldi alias Irel yang sebulan lalu mundur dari DPR namun kini justru maju kembali sebagai caleg DPR RI. Selain Irel, PKS juga kembali menempatkan Adang Daradjatun

Adapun PDI Perjuangan kembali menempatkan Effendi Simbolon. PDI Perjuangan juga menempatkan Richard Sam Bera yang dikenal sebagai perenang nasional. Partai Golkar menempatkan artis Tanthowi Yahya dan Ade Supriatna. Sedangkan Partai Gerindra menempatkan Aryo PS Djojohadikusumo yang juga Ketua Umum Tidar, sayap organisasi pemuda milik Gerindra.

Di Partai Demokrat, tak tanggung-tanggung menempatkan Marzuki Alie yang saat ini menjabat sebagai Ketua DPR, Vera Febyanthy (Anggota Komisi XI DPR RI) serta Panangian Simanungkalit (pengamat properti). Sedangkan PPP menempatkan Dimyati Natakusumah (anggota Komisi III DPR RI) serta Nashrullah "Mat Solar".

Adapun Hanura menempatkan aktivis 1998 Sarbini yang dikenal sebagai Ketua Senat Mahasiswa Untag saat era reformasi dulu. Selain itu Hanura juga menempatkan David Chalik yang dikenal sebagai pesohor. [mdr]

 
x