Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 26 Januari 2015 | 01:17 WIB
Hide Ads

Susno Duaji Tolak Dieksekusi, Kejaksaan 'Nyerah'

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Rabu, 24 April 2013 | 14:18 WIB
Susno Duaji Tolak Dieksekusi, Kejaksaan 'Nyerah'
Susno Duadji - (Foto: inilah.com/Wirasatria)

INILAH.COM, Jakarta - Eksekusi mantan Kabareskrim Komjen (Purn) Susno Duadji gagal dilaksanakan pihak kejaksaan selaku eksekutor. Susno saat ini masih di kediamannya di Kompleks Resor Dago Pakar, Ciburial, Bandung, Rabu (24/4/2013).

Pihak Susno Duadji, melalui penasihat hukumnya, Federich Yunadi menegaskan, sampai saat ini Susno Duadji belum dieksekusi pihak kejaksaan. Kliennya masih berada di rumahnya. "Belum. Meski sempat diwarnai ketegangan," kata Federich.

Atas gagalnya upaya eksekusi itu, pihak kejaksaan tidak memberikan keterangan. Baik Pelaksana harian (Plh) Kajari Jaksel, Amir Yanto, maupun Kepala Pusat Penerangan dan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Setia Untung Arimuladi tidak memberi konfirmasi atas gagalnya eksekusi tersebut.

Sebelumnya, pada Jumat (19/4/2013) lalu, Jaksa Agung Basrief Arief menegaskan eksekusi Susno hanya menunggu waktu. Dia juga menyambut positif jika yang bersangkutan berkenan menyerahkan diri.

"Saya kira sudah jelas, tinggal tunggu waktu saja, sungguh baik kalau dia menyerahkan diri, itu baru taat hukum. Akan sungguh baik kalau dia seperti itu, tetapi bukan berarti kami menunggu Susno menyerahkan diri," kata Basrief.

Susno terbukti bersalah atas perkara penyalahgunaan wewenang penanganan perkara PT Salmah Arowana Lestari dan korupsi dana pengamanan Pemilihan Gubernur Jawa Barat 2008. Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menjatuhkan hukuman penjara kepada Susno selama tiga tahun enam bulan.

Atas putusan ini, Susno mengajukan banding ke Pengadilan Tinggi DKI Jakarta namun ditolak begitu juga dengan kasasinya di Mahkamah Agung (MA). Namun, vonis kasasi ini tidak memerintahkan Susno masuk penjara sehingga dijadikan alasan untuk dia tidak bersedia dieksekusi kejaksaan. [yeh]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.