Kamis, 24 April 2014 | 05:38 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Anggota DPRD Terhambat Nyaleg
KPU: Anggota DPRD Wajib Isi Formulir BB5
Headline
Komisi Pemilihan Umum (KPU) - (Foto : inilah.com)
Oleh: Laela Zahra
nasional - Sabtu, 20 April 2013 | 20:24 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) bersikukuh tak akan mengubah Peraturan KPU No 13 tahun 2013 tentang pencalonan anggota legislatif.

Pada pasal 19 huruf I poin 2 dijelaskan setiap anggota DPRD dari partai politik yang sudah tidak lagi menjadi peserta pemilu 2014, namun hendak maju sebagai caleg dari salah satu partai peserta pemilu 2014, wajib mengundurkan diri sebagai anggota DPRD dan mengisi formulir BB5 yang diserahkan ke KPUD.

Namun bagi anggota DPRD dari partai yang hingga saat ini masih menjadi peserta pemilu 2014, tidak perlu mengisi formulir BB5.

Pasal ini ditentang oleh seluruh anggota DPRD yang hendak maju sebagai caleg dari partai lain, karena dinilai bertentangan dengan UU No 8 tahun 2013.

Sementara KPU tetap pada pendiriannya, anggota DPRD yang partainya sudah tidak menjadi peserta pemilu 2014, namun ingin maju sebagai caleg dari salah satu partai peserta pemilu 2014, wajib mengundurkan diri sebagai anggota DPRD dan mengisi formulir BB5 yang diedarkan KPU.

"Hukum positif yang berlaku sampai sekarang menyangkut pencalonan itu PKPU No 13, para anggota DPRD tetap harus mengisi formulir BB5," ujar Ketua KPU Husni Kamil Malik, di Jakarta, Sabtu (20/4/2013).

Husni menegaskan, sesuai aturan KPU, anggota DPRD harus mengundurkan diri sebagai anggota dewan, kendati hal ini akan mengakibatkan kursi anggota dewan banyak kekosongan pejabat. "Ya tetap harus mengundurkan diri," ucap Husni. [mvi]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER