Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 4 Maret 2015 | 09:43 WIB
Hide Ads

Partai Masih Boleh Ubah Daftar Caleg

Oleh : Ajat M Fajar | Kamis, 18 April 2013 | 18:02 WIB
Partai Masih Boleh Ubah Daftar Caleg
Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay

INILAH.COM, Jakarta - Komisi Pemilihan Umum (KPU) memberikan kelonggaran kepada partai politik untuk mengubah daftar caleg yang diajukan ke KPU, hingga penetapan Daftar caleg Sementara (DCS) pada Juli 2013.

"Ada ruang pergantian, perubahan daftar calon luas dibuka sebelum daftar calon sementara ditetapkan. Tapi kalau sudah ditetapkan DCS, maka ruangnya jadi sangat sempit," ujar Komisioner KPU, Hadar Nafis Gumay dalam rapat dengar pendapat (RDP) dengan Komisi II di Gedung DPR, Kamis (18/4/2013).

Dia menjelaskan, KPU memberikan ruang kepada partai politik untuk melakukan revisi atau perbaikan terhadap daftar caleg yang diajukan pada tanggal 9-22 Mei 2013.

Dalam revisi atau perubahan itu, partai politik berhak merubah nama caleg hingga nomor urut caleg yang sebelumnya sudah dimasukkan ke KPU. Pasalnya KPU akan menetapkan DCS pada tanggal 23 Juli 2013.

"Perubahan hanya bisa dilakukan berdasarkan beberapa syarat seperti caleg yang diajukan meninggal dunia sehingga bisa digantikan orang lain dan ditempatkan di nomor urut yang sama," jelasnya.

Lebih lanjut, Hadar mengatakan, selain persyaratan tersebut, perubahan daftar nama caleg itu bisa diajukan atas rekomendasi dari KPU apabila nantinya dalam proses verifikasi tedapat laporan dari masyarakat terkait caleg.

Dengan kondisi seperti itu partai politik bisa mengajukan kembali nama caleg baru dengan nomor urut yang sama. "Hal lain yang membuat caleg diganti jika caleg itu mengundurkan diri sehingga menyebabkan perubahan komposisi atau merubah syarat kuota perempuan 30 persen. Maka, parpol bisa ajukan pengganti agar syarat daftar calon bisa terpenuhi," paparnya.

Selain itu, apabila ada caleg yang juga mengajukan diri dalam Pilkada dan ternyata meraih kemenangan, maka partai politik tidak bisa menggantikan caleg tersebut.

Berita Terkait Lainnya

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.