Selasa, 29 Juli 2014 | 09:34 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Puting Beliung Porak-porandakan Sentra Genting
Headline
Rumah porak poranda akibat angin puting beliung - (Foto: inilah.com/ilustrasi)
Oleh:
nasional - Selasa, 16 April 2013 | 18:40 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jombang - Angin puting beliung yang mengamuk di Jombang, Jawa Timur, Senin (15/4/2013) menyisakan duka bagi warga Desa Gedangan Kecamatan Mojowarno.

Pasalnya, di desa yang dikenal sebagai sentra industri genting tersebut porak-poranda. Sedikitnya 15 rumah produksi genting rata dengan tanah.

Kerusakan paling parah dialami oleh Zainul Arif (31), perajin genting desa setempat. Dua bangunan miliknya yang menjadi tempat mencari nafkah luluh lantak. "Kerugiannya sekitar Rp25 juta. Itu sudah termasuk genting hasil produksi yang rusak tertimpa bangunan," ujar Zainul, Selasa (16/4/2013).

Kerusakan serupa juga didera Solikin (47), perajin genting lainnya. Namun Solikin memperkirakan kerugian yang dideritanya senilai Rp6 juta. "Untungnya, tidak ada korban jiwa dalam bencana puting beliung kemarin sore itu," kata Solikin saat membersihkan sisa-sisa reruntuhan bangunan semi permanen itu.

Selain rumah produksi genting, rumah milik warga juga ada yang mengalami kerusakan. Namun di antara ratusan rumah tinggal warga rusak, hanya satu rumah saja yang rusak parah. Itu pun, sudah dibenahi bersama-sama oleh warga.

Sementara itu, Samsul Huda, Kades Gedangan mengatakan, atas kerusakan itu pihaknya akan berusaha berkomunikasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang. "Berdasarkan pendataan pemerintahan desa, rumah produksi genteng yang rusak parah sebanyak 15 tempat. Kerugian yang diderita para pengrajin bervariasi antara Rp3 juta hingga Rp25 juta," kata Samsul. [beritajatim]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER