Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 1 Februari 2015 | 11:06 WIB
Hide Ads

Anang, Sutarman, dan Budi Calon Kuat Kapolri

Oleh : Wahyu Praditya Purnomo | Selasa, 16 April 2013 | 14:31 WIB
Anang, Sutarman, dan Budi Calon Kuat Kapolri
Kepala BNN Komjen Pol Anang Iskandar, Kabareskrim Polri Komjen Pol Sutarman dan Kalemdikpol Komjen Pol Budi Gunawan

INILAH.COM, Jakarta - Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) menyatakan ada tiga calon kuat pengganti Kapolri Jenderal Polisi Timur Pradopo yang akan memasuki masa pensiun.

Ketiga nama tersebut adalah Kalemdikpol Komjen Pol Budi Gunawan, Kabareskrim Polri Komjen Pol Sutarman, dan Kepala BNN Komjen Pol Anang Iskandar.

Tiga nama tersebut merupakan calon kuat menjabat Kapolri berdasar hasil poling tertinggi dalam survei yang dilakukan Kompolnas terhadap masyarakat. Tiga nama tersebut merupakan calon kuat menjabat Kapolri berdasar hasil poling tertinggi dalam survei yang dilakukan Kompolnas terhadap masyarakat.

"Itu berdasarkan hasil polling tertinggi yang diusulkan oleh masyarakat. Dari ratusan usulan masyarakat, tiga kandidat itu yang paling banyak," kata anggota Kompolnas Edi Saputra Hasibuan, Selasa (16/4/2013).

Edi mengatakan usulan masyarakat tersebut bisa menjadi bahan yang positif bagi pertimbangan Kompolnas untuk diajukan kepada Presiden. Kompolnas juga akan membuat peringkat kepada masing-masing para kandidat Polri. "Namun, keputusan pemilihan Kapolri itu mutlak pada hak prerogratif Presiden," ungkapnya.

Sekedar diketahui, berdasarkan UU No 2/2002 dan Perpres No.17/2011, Kompolnas merupakan lembaga yang berwenang memberikan saran dan pertimbangan kepada Presiden untuk mengangkat dan memberhentikan Petinggi Polri. [mvi]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

27499

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.