Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 September 2017 | 03:00 WIB

Anggota DPR: Copot Pangdam Diponegoro

Oleh : Marlen Sitompul | Jumat, 5 April 2013 | 14:43 WIB
Anggota DPR: Copot Pangdam Diponegoro
Ahmad Yani, Anggota Komisi III DPR yang membidangi hukum - (Foto: inilah.com/Ardhy Fernando)
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Anggota Komisi III DPR yang membidangi hukum, Ahmad Yani meminta Panglima Kodam (Pangdam) IV/Diponegoro, Mayor Jenderal TNI Hardiono Saroso bertanggung jawab atas penyerbuan Lembaga Permasyarakatan Cebongan oleh prajurit Kopassus.

Politikus PPP itu mendesak agar KSAD TNI Pramono Edhie Wibowo segera mencopot Pangdam Diponegoro yang sebelumnya secara tegas mengatakan bahwa prajuritnya tidak terlibat dalam penyerbuan yang menewaskan empat tahanan secara tragis itu.

"Saya kira KSAD harus mengganti dan memecat Pangdam IV Diponegoro. Ia orang pertama kali menyatakan tidak ada keterlibatan anggota-anggotanya," kata Yani, dihubungi wartawan, Jakarta, Jumat (5/4/2013).

Menurutnya, penyerbuan Lapas Cebongan secara membabi buta dengan alasan solidaritas korps Kopassus lantas tidak serta merta dibenarkan. Hukum harus tetap menjadi panglima di tanah air.

"Memang spirit kebersamaan TNI kan cukup tinggi, tapi kan tidak berarti dia akan halalkan segala cara, dia juga tidak taktis hukum, tidak patuh hukum dan tidak patuh terhadap disiplin, seharusnya TNI itu harus patuh terhadap hukum dong, dia harus memberikan contoh, ya kalau hal seperti ini masyarakat akan bisa juga mengambil hukum sendiri," jelas Yani. [tjs]

 
x