Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 27 Januari 2015 | 15:21 WIB
Hide Ads

SBY Puji Anggota Kopassus Penyerang LP Cebongan

Oleh : Agus Rahmat | Jumat, 5 April 2013 | 14:19 WIB
SBY Puji Anggota Kopassus Penyerang LP Cebongan
Presiden SBY - (Foto: inilah.com/Agus Priatna)

INILAH.COM, Jakarta - Pengakuan anggota Kopassus TNI yang membunuh empat tahanan di LP Cebongan Sleman DIY, membuat lega Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY).

Saat memberikan keterangan pers, Presiden memuji para pelaku yang telah jujur mengakui perbuatannya itu. "Bagi saya itu melegakan, itu sifat kesatria, bertanggungjawab atas apa yang dilakukan," kata Presiden SBY di Istana Negara Jakarta, Jumat (5/4/2013).

Presiden menjelaskan, sikap sejumlah anggota Kopassus tersebut merupakan jiwa korsa yang dimiliki prajurit Kopassus. Apalagi, rekan mereka dibunuh secara sadis oleh sekelompok orang di Hugos Cafe.

"Meskipun saya tahu mengapa tindakan itu terjadi karena ada jiwa korsa, ada perilaku dari sekelompok orang, di luar disebut kelompok preman, yang dengan sadis melakukan pembunuhan kepada seorang bintara Kopassus TNI AD. Itulah awal dari jiwa korsa dan perlakuan yang luar biasa sadisnya itu yang membakar emosi mereka. Kemudian mereka melakukan tindakan itu, yang tindakan itu sebenarnya juga tidak kita benarkan," jelas SBY.

Sejak dilaporkan oleh Panglima TNI dan Kapolri beberapa jam setelah kejadian, SBY langsung menginstruksikan untuk mengungkap kasus ini. Presiden juga mengaku selama proses kasus itu, mengkuti perkembangannya.

Walau begitu, Presiden SBY mengapresiasi para pelaku. SBY menilai, para pelaku telah menunjukkan jiwa kesatrianya.

"Para prajurit yang melakukan tindakan itu tampil secara bertanggungjawab, secara kesatria, dan siap mendapatkan sanksi hukum apapun. Demikian juga para komandan akan ikut bertanggungjawab semuanya," jelas SBY.

Bagi SBY, apa yang dilakukan oleh anggota Kopassus ini telah memberikan contoh yang baik. Pengakuan mereka harus menjadi contoh yang baik ke depannya.

"Memberikan pembelajaran yang baik, bahwa itulah prajurit sejati yang tentunya harus ditunjukkan kepada seluruh rakyat Indonesia bahwa mereka bertanggungjawab. Setelah itu tentu hukum harus ditegakkan seadil-adilnya," jelas SBY.

Untuk itu, dia berharap masyarakat bisa membantu dan mendukung proses penegakan hukum yang seadil-adilnya. Karena, masalah hukum harus tetap diselesaikan secara hukum.

"Sekali lagi saya mendukung langkah-langkah jajaran TNI, utamanya TNI AD dan kepolisian untuk menegakkan hukum dan keadilan sebenar-benarnya. Dan saya minta dukungan masyarakat luar, berikan kesempatan ruang kepada mereka untuk bekerja secara profesional," jelas SBY. [rok]

Tag :

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.