Find and Follow Us

Senin, 24 Juni 2019 | 21:59 WIB

Kontras: Penyerang LP Cebongan harus Dipidana Umum

Oleh : Anton Hartono | Jumat, 5 April 2013 | 08:45 WIB
Kontras: Penyerang LP Cebongan harus Dipidana Umum
Koordinator Kontras, Haris Azhar - inilah.com/Ardhy Fernando

INILAH.COM, Jakarta - Koordinator Kontras, Haris Azhar mengatakan, pelaku penyerangan di Lembaga Pemasyarakatan (LP) Cebongan yang melibatkan 11 oknum Kopassus semestinya dipidana secara umum. Hal ini untuk memudahkan keluarga korban untuk mengetahui jalannya persidangan tersebut.

"Karena korbannya adalah warga sipil, sehingga akan memudahkan akses mereka untuk mengetahui jalannya persidangan. Jadi semestinya pelaku dihukum secara pidana umum, bukan secara militer," katanya.

Selain itu dirinya juga menegaskan bahwa penyerangan yang dilakukan oleh oknum tersebut bukanlah merupakan tindakan seketika atau tindakan spontan seperti yang disampaikan Ketua Tim Investigasi Mabes AD Brigjen TNI Unggul K. Yudhoyono. Melainkan tindakan yang sudah direncanakan sebelumnya untuk membalas kematian rekannya beberapa hari lalu di sebuah kafe.

"Kalau tindakan spontan itu, beberapa menit setelah kejadian mereka langsung menyerang. Tapi ini kan beberapa hari kemudian baru melakukan penyerangan," tukasnya.

Diketahui, terdapat 11 oknum Kopassus yang terlibat penyerangan Lapas IIB Cebongan. Dan berdasarkan pernyataan yang disampaikan Ketua tim investigasi dari Mabes TNI-AD Brigjen TNI Unggul K. Yudhoyono pihaknya akan memberikan sanksi atas perbuatan yang telah dilakukan. [ton]

Komentar

x