Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 28 Januari 2015 | 13:33 WIB
Hide Ads

PDIP Minta RUU Desa Tak Berlarut-Larut

Oleh : Marlen Sitompul | Selasa, 2 April 2013 | 21:05 WIB
PDIP Minta RUU Desa Tak Berlarut-Larut
Anggota Pansus RUU Desa, Budiman Sudjatmiko - (Foto: inilah.com/Wirasatria)

INILAH.COM, Jakarta - Tingginya ekspektasi atau harapan perangkat desa atau unsur-unsur pemerintahan desa agar Rancangan Undang-undang (RUU) Desa segera disahkan adalah sesuatu yang memang pantas menjadi perhatian semua pihak, termasuk pemerintah dan DPR.

Seperti yang disampaikan Anggota Pansus RUU Desa, Budiman Sudjatmiko, setelah melakukan audiensi dengan Forum Pembaharuan Desa dan Persatuan Perangkat Desa Republik Indonesia dengan Panitia Khusus RUU Desa, di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (2/4/2013).

Budiman berharap agar kedepan pembahasan RUU tentang Desa dapat di akselerasi namun dengan tetap memperhatikan hal-hal yang sangat khas dari setiap Daerah.

"Dalam RUU Desa juga dialokasikan 6% dari APBN untuk menjadi Dana Alokasi Desa, 30% diantaranya secara merata untuk seluruh desa sementara yang 70% di distribusi secara proporsional," kata Budiman dalam rilisnya.

Kata Budiman, dari audiensi tersebut ditemukan pula, bahwa salah satu masalah mendasar yang disampaikan oleh para perangkat desa adalah terkait dengan kesejahteraan yang berkesinambungan bagi seuruh perangkat Desa.

"Selama ini pemerintah tidak peka terhadap persoalan tersebut," tegas politikus PDIP itu.

Untuk itu, dia meminta agar pemerintah memberikan perhatian khusus serta proaktif dalam mengatasi segala persoalan yang selama ini dialami oleh seluruh desa yang berada di tanah air.

"Para perangkat desa berharap agar RUU tentang desa tidak berlarut-larut sehingga memberi kesan pemerintah tidak serius dalam merespon persoalan-persoalan terkait perdesaan yang selama ini terjadi," tambahnya. [ton]

Tag :

3 Komentar

Image Komentar
DONI KESER - Jumat, 12 April 2013 | 10:37 WIB
Membangun desa adalah membangun rakyat indonesia secara menyeluruh,pemerintah dan dpr coba buktikan tanggung jawabmu terhadap rakyat indonesia sahkan segera ruu desa
Image Komentar
DIDIN WAHYUDIN - Rabu, 3 April 2013 | 17:01 WIB
Pemerintah + dpr kurang mendukung hadirnya undang-undang tersendiri bagi desa. terkesan setenggah hati, ini dibuktikan dengan berlarut-larutnya pembahasan ruu desa.
Image Komentar
AZKISIREGAR - Selasa, 2 April 2013 | 21:30 WIB
Kpda pmrntah tlong prhatikan nsib n ksjhtraan prngkst desa

Kirim Komentar

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.