Senin, 22 Desember 2014 | 21:55 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Eksekusi Susno, Jaksa Agung Berlebihan
Headline
mantan Kabareskrim Polri Komjen (Purn) Susno Duadji - inilah.com/Agus Priatna
Oleh: Wahyu Praditya Purnomo
nasional - Senin, 18 Maret 2013 | 09:26 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Anggota Komisi Kejaksaan (Komja) RI Kaspudin Nor menilai Jaksa Agung Basrief Arief berlebihan karena akan melibatkan pakar hukum dalam mengeksekusi mantan Kabareskrim Polri Komjen (Purn) Susno Duadji.

"Pendapat pakar patut dihargai. Tetapi belum diatur di dalam undang-undang (KUHAP), mengenai pasca putusan pengadilan yang dilanjuti pendapat pakar," kata Kaspudin, di Jakarta, Senin (18/3/2013).

Menurut dia, dalam kasus ini keterlibatan pakar belum begitu diperlukan mengingat jaksa memiliki kewenangan dalam mengeksekusi seorang terpidana. Kewenangan pun diatur dan dilindungi undang-undang.

Seorang jaksa dapat melakukan eksekusi setelah adanya putusan tetap dari pengadilan. "Tapi kalau pelibatan pakar semata-mata dijadikan bukti pertanggungjawaban kepada publik itu sah-sah saja," ujarnya.

Sebelumnya, Jaksa Agung Basrief Arief menyatakan, kejaksaan akan melibatkan pakar hukum dalam melakukan eksekusi Susno Duadji. Keterlibatan pakar hukum menyangkut kisruhnya putusan Mahkamah Konstitusi terkait pasal 197 KUHAP. [yeh]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER