Jumat, 1 Agustus 2014 | 22:55 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Permudah Distribusi, Kementan Bangun RPH Modern
Headline
inilah.com/Ardhy Fernando
Oleh: Tio Sukanto
nasional - Sabtu, 9 Maret 2013 | 08:14 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah berencana membangun Rumah Potong Hewan (RPH) modern, khususnya yang ada di wilayah Jawa Timur dan Jawa Tengah.

Hal ini untuk memudahkan meningkatkan pasokan daging sapi bakalan dan beku, dari sentra produksi ke wilayah DKI Jakarta. Demikian disampaikan Wakil Menteri Pertanian, Rusman Heriawan saat ditemui di kantor Kementerian Pertanian Jakarta, Jumat (8/3/2013).

"Kita ingin wilayah DKI Jakarta ini terbebas dari RPH, sehingga nantinya semua kebutuhan daging sapi didatangkan dari RPH tersebut sudah dalam bentuk daging, tidak dalam bentuk sapi hidup lagi," kata Rusman.

Menurut Rusman, konsep pembangunan RPH moderen sejalan dengan program pemerintah. Tujuannya, untuk mengatur distribusi daging sapi ke Jakarta.

Sebab selama ini daging sapi dari sentra produksi terhambat masalah infrastruktur. "Kalau RPH ini sudah jalan, maka ke depannya tidak akan ada lagi angkutan sapi dari Jawa," ujar Rusman.

Selain memudahkan proses pendistribusian daging, menurut Rusman, pembebasan kawasan Jakarta dari RPH juga akan mengurangi limbah dari RPH. Selain itu, untuk kawasan RPH moderen limbah tersebut dapat dimanfaatkan sebagai pupuk atau sumber energi listrik. "Mudah-mudahan dalam waktu 2-3 tahun ke depan ini sudah bisa diwujudkan," ujar Rusman. [hid]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER