Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Selasa, 1 September 2015 | 00:52 WIB
Hide Ads

Inikah Nama Aktor Baru Kasus Century Versi Anas?

Oleh : R Ferdian Andi R | Selasa, 5 Maret 2013 | 10:59 WIB
Inikah Nama Aktor Baru Kasus Century Versi Anas?
mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum - inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Tim Kecil Tim Pengawas Century DPR RI ke kediaman mantan Ketua Umum Partai Demokrat Anas Urbaningrum mendapat banyak masukan terkait kejelasan masa depan kasus Century. Siapa aktor baru Century versi Anas?

Anggota Tim Kecil Tim Pengawas Certury dari Fraksi PDI Perjuangan Hendrawan Supratikno mengatakan pihaknya mendapatkan empat nama baru terkait dengan kasus Century dari Anas Urbaningrum. "Dia (Anas) sebut ada nama baru. Ada empat nama baru yang selama ini belum terungkap," ujar anggota Timwas Century dari Fraksi PDI Perjuangan, Hendrawan Supratikno, di Gedung DPR, Kompleks Parlemen, Jakarta Senin (4/3/2013).

Hendrawan enggan menyebutkan siapa empat nama baru versi Anas tersebut. Hanya saja anggota Komisi VI DPR RI itu mengatakan empat nama tersebut berasal dari partai poltik.

Aksi bungkam mulut juga disampaikan anggota Tim Kecil Timwas Century seperti Fahri Hamzah (PKS), Sarifuddin Suding (Hanura), Ahmad Yani (PPP) dan Chandra Tirta Wijaya (PAN). Mereka kompak mengatakan tidak akan membuka empat nama yang dimaksud Anas dalam pertemuan tertutup tersebut. "Kita sudah komitmen dengan Pak Anas untuk tidak menyampaikan ke publik," elak Ahmad Yani.

Pertemuan yang berlangsung selama 2,5 jam tersebut awalnya didominasi oleh anggota Tim Kecil Tim Pengawas Century yang dipimpin politikus PKS Fahri Hamzah tersebut. Namun di pertengahan pertemuan, Anas mulai membuka suara.

Sumber INILAH.COM yang dekat dengan Anas Urbaningrum, menyebutkan nama-nama yang disampaikan Anas kepada anggota Tim Kecil Timwas Century merupakan nama baru. "Yang pasti nama yang disebut dari luar Bank Indonesia, KSSK (Komite Stabilitas Sistem Keuangan) dan pemerintahan," sebut sumber tersebut.

Ia menyebutkan saat Anas menyebut empat nama baru dalam kasus Century, anggota Tim Kecil Century terperanjat kaget. Namun, tambah sumber tersebut, setelah mendapat penjelasan dari Anas, anggota Tim Kecil memahami alur logikanya.

"Awalnya mereka kaget, gak nyangka. Tapi setelah mendapat penjelasan menjadi paham. Nama-nama ini memang tidak pernah dipanggil oleh Pansus Angket Century dan Timwas Century," urai sumber tersebut lagi.

Sumber tersebut mengatakan, empat nama yang disebut Anas satu di antaranya berjenis kelamin perempuan, sisanya berjenis kelamin laki-laki. Khusus sosok perempuan tersebut disebutkan merupakan pengusaha sukses. Begitu juga dengan salah satu sosok laki-laki juga berasal dari kalangan pengusaha sukses. "Tidak ada hubungan dengan keluarga Presiden SBY. Namun nama-nama tersebut ada benang merah dengan Istana," ungkap sumber tersebut.

Lebih lanjut sumber tersebut mengatakan, nama-nama yang disebut Anas jika ditilik lebih jauh merupakan ring satu Tim Sukses SBY-Boediono saat pencapresan dalam Pemilu 2009 lalu. Nama-nama tersebut memiliki peran signifikan dalam keuangan pilpres 2009 pasangan SBY-Boediono.

Ketua Divisi Komunikasi dan Informasi DPP Partai Demokrat I Gede Pasek Suardika mengatakan langkah Tim Kecil Timwas Century datang ke rumah Anas Urbaningrum boleh-boleh saja. "Kalau diundang ke Timwas Century ya itu berlebihan," cetus Pasek.

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.