Senin, 22 Desember 2014 | 20:31 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Survei: Dukungan Publik Terpusat di 5 Parpol
Headline
IST
Oleh: Renny Sundayani
nasional - Kamis, 28 Februari 2013 | 21:03 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta – Survei politik yang dilakukan oleh National Leadership Center (NLC) dan lembaga riset internasional Taylor Nelson Sofres (TNC) pada Januari lalu menunjukkan adanay kecenderungan dukungan publik terhadap lima partai politik.

Lima parpol tersebut adalah Partai Gerindra, PDIP, Golkar, Demokrat, dan PPP secara berurutan menjadi lima partai politik terunggul. Sebanyak 26% responden memilih Gerindra, diikuti sebanyak 25% menjatuhkan pilihan ke PDIP, 18% ke Golkar, dan terlepas dari kemelut yang terjadi, 8% responden memberikan pilihan ke partai yang berkuasa saat ini, partai Demokrat dan 3% ke PPP.

Sebanyak 3% responden lainnya masing-masing memilih PKS dan Nasdem, sementara masing-masing 2% sisanya ke PKB, PAN, dan Hanura.

Namun demikian, dinamika parpol itu teramat dinamis, termasuk adanya gejolak internal seperti di Partai NasDem dan Demokrat. "Terjadi gonjang ganjing di Partai NasDem kemungkinan dari survei ini sangat dinamis, bisa saja Partai Demokrat dan Hanura mengalami perubahan.Gerindra relatif tidak terkena gonjang ganjing," ungkap Presiden Direktur NLC, Taufik Bahaudin dalam jumpa pers hasil survei NLC, di Hotel Century, Jakarta Pusat, Kamis (28/2/2013).

Namun Taufik belum bisa memastikan apakah merosotnya suara Demokrat akan berpengaruh pada hasil Pemilu 2014 mendatang. Pasalnya, Tahun 2009 pihaknya melakukan survey dengan kondisi Demokrat tidak diunggulkan. Namun, pada kenyataanya partai binaan SBY itu menjadi pemenang.

"Kami bikin survey juga waktu itu memang SBY sebagai capres. Sedangkan waktu itu Demokrat tak begitu kuat, tapi kenyataannya Partai Demokrat unggul." [tjs]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
2 Komentar
ahmad
Jumat, 1 Maret 2013 | 00:58 WIB
oh tujuannya Prabowo-Jokowi ya? :-D kasian mbak Mega kalah tipis PDIPnya lawan Gerindra 25 % lawan 26 %
abu miqdad
Kamis, 28 Februari 2013 | 22:50 WIB
cari muka...
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER