Find and Follow Us

Selasa, 23 Juli 2019 | 07:12 WIB

'Sapi Berjanggut' Istilah yang Tak Elegan

Oleh : Agus Rahmat | Selasa, 5 Februari 2013 | 12:57 WIB
'Sapi Berjanggut' Istilah yang Tak Elegan
anggota Komisi III dari Fraksi PKS, Indra - ist

INILAH.COM, Jakarta - Partai Keadilan Sejahtera (PKS) keberatan dengan istilah 'sapi berjanggut' untuk menyebut tudingan korupsi oleh kader PKS terkiat impor sapi. Sebab, istilah itu mengidentikkan kasus korupsi dilakukan oleh umat Islam secara keseluruhan.

Ada beberapa lagi istilah yang sengaja dibuat untuk mendeskreditkan umat Islam. Sehingga, publik akan menilai kalau korupsi adalah dilakukan umat Islam.

"Saya juga menyesalkan istilah-istilah yang justru mendeskreditkan entitas umat. Seperti istilah 'sapi berjanggut' ini. Juga termasuk istilah 'korupsi berjemaah'. Kan kalau 'berjemaah' itu konsepsi dan semangat Islam. Langsung diidentikkan Islam. Ini cara-cara yang tidak elegan yang digunakan untuk mendeskreditkan Islam," jelas anggota Komisi III dari Fraksi PKS, Indra, di gedung DPR Jakarta, Selasa (5/2/2013).

Indra mengatakan, memang kadang-kadang media perlu istilah yang bagus dan enak dipublik. Namun, bukan berarti harus seperti ini.

Bagi dia, ini tidak adil. Karena, istilah ini terlalu mengeneralisir keberadaan umat Islam.
"Jangan sampai kalimat-kalimat ini menyamaratakan elemen atau instrumen lainnya. Kita adat ketimuran dan kepatutan," kata dia.

Dia juga mengeluhkan istilah seperti ini. Bahkan, diakui Indra kalau banyak juga yang menyesalkan istilah ini. Lanjut Indra, cara-cara seperti ini memang sengaja dilakukan. Terutama untuk melemahkan partai Islam bahkan umat.

"Saya juga dapat keluhan dari yang lain. Tidak berpihak pada umat. Tapi sengaja men-down grade simbol-simbol keagamaan," katanya.

Istilah Sapi Berjanggut digunakan oleh sebuah media nasional dalam laporannya mengenai korupsi pengadaan daging sapi impor. Banyak kalangan keberatan dengan sebutan janggut karena janggut identik dengan sunah Rosul yakni sunah yang menyarankan kaum laki-laki untuk berjanggut. [tjs]

Komentar

x