Sabtu, 26 Juli 2014 | 22:10 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Kenapa Demokrat Kalah di Pilgub Sulsel?
Headline
foto:ilustrasi
Oleh: Ajat M Fajar
nasional - Rabu, 23 Januari 2013 | 12:30 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Partai Demokrat menelan kekalahan dalam pemilihan gubernur (pilgub) di Sulawesi Selatan (Sulsel). Kekalahan Demokrat ini merupakan kekalahan kedua pascapilgub DKI Jakarta.

Analis politik dari Charta Politica Arya Fernandes menilai kekalahan Demokrat di Sulsel adalah kekalahan historis antara Golkar dan Partai Demokrat.

"Kekalahan Partai Demokrat di Sulsel saya kira bisa dijelaskan dari sejarah elektoral Sulsel. Sulsel sejak dulu adalah 'kerajaan' Golkar, dan cukup susah bagi Demokrat untuk bisa menyaingi Golkar di daerah ini," ujar Arya kepada INILAH.COM, Rabu (23/1/2013).

Jagoan Demokrat, Ilham Arif Sirajuddin & Kahar Muzakkar, kalah dari pasangan incumbent Syahrul Yasin Limpo-Agus Arifin Nu'mang (Sayang) yang didukung oleh Partai Golkar. Sebelumnya pada pilgub DKI, Fauzi Bowo yang diusung Partai Demokrat juga kalah.

Selain dari sisi historis, kekalahan ini juga merupakan kekalahan dari figur yang diusung oleh partai. Demokrat gagal menyeleksi kandidat calon gubernur.

"Bahwa ada evaluasi dan kekecewaan masyarakat terhadap kinerja Partai Demokrat iya, tetapi kekalahan Partai Demokrat di sejumlah daerah utamanya dapat dijelaskan dari kegagalan Partai Demokrat menyeleksi calon kepala daerah," ujarnya. [rok]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER