Jumat, 24 Oktober 2014 | 01:30 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Pilgub Jabar 2013 di Cianjur Minim Sosialisasi
Headline
Oleh: Benny Bastiandy
nasional - Selasa, 22 Januari 2013 | 22:16 WIB
Berita Terkait

INILAH, Cianjur - Pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Jawa Barat 2013 di Kabupaten Cianjur dinilai minim sosialisasi. Akibatnya, tak sedikit masyarakat di Kabupaten Cianjur tak mengetahui kapan pelaksanaan Pilgub Jabar 2013 maupun pasangan-pasangan calonnya.

Seperti dituturkan Irfan Ridwansyah (35), salah seorang tokoh pemuda di salah satu kecamatan di Kabupaten Cianjur. Dia mengaku tak mengetahui persis kapan pelaksanaan Pilgub Jabar 2013. Bahkan dalam stiker pendataan pemilih yang ditempel di rumahnya, tidak mencantumkan waktu pelaksanaannya.

"Saya tidak tahu kapan pelaksanaannya. Lihat saja di stiker pendataan pemilih yang ada di rumah, tidak ada sama sekali disosialisasikan kapan pelaksanaannya," kata Irfan, Selasa (22/1/2013).

Irfan pun mempertanyakan kinerja KPU selama ini. Dia menilai, upaya sosialisasi Pilgub Jabar 2013 sangat minim sehingga terindikasi juga banyak warga yang tak mengetahui pelaksanaannya.

"Ini menyangkut hak demokrasi masyarakat. Saat ini saja upaya menyosialisasikan pelaksanaannya terkesan asal-asalan. Saya yakin, anggaran sosialisasi yang digelontorkan dari provinsi sangat besar karena ini merupakan hajat KPU provinsi. Tapi pelaksanaan di daerah sangat tidak menyentuh masyarakat," tuturnya.

Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Cianjur, Unang Margana tak menampik jika sosialisasi pelaksanaan Pilgub Jabar 2013 belum berjalan optimal. Artinya, dia mengakui jika masyarakat sendiri masih banyak yang belum mengetahuinya.

"Saat ini sedang mempersiapkan sosialisasi pasangan calon. Tapi memang, baru sekian persen masyarakat di Kabupaten Cianjur yang mengetahui pelaksanaan maupun pasangan calon Pilgub Jabar 2013," aku Unang di kantor KPU Kabupaten Cianjur, Jalan Ir H Juanda, Selasa (22/1/2013).

Unang menyebutkan, alokasi anggaran Pilgub Jabar 2013 sesuai ploting dari KPU Provinsi Jawa Barat untuk KPU Kabupaten Cianjur sebesar lebih kurang Rp35,5 miliar. Besaran dana tersebut digunakan untuk berbagai keperluan, termasuk diantaranya anggaran sosialisasi sebesar Rp729 juta.

"Anggaran sosialisasi ini di antaranya untuk menggelar kegiatan pendidikan politik pemula dan muda, pemilih strategis, sosialisasi pendaftaran pemilih, sosialisasi jadwal Pilgub, sosialisasi calon tetap, civil society, maupun cerdas cermat pemilu. Ada juga sosialisasi kemitraan sebesar Rp100 juta," tegasnya.[ang]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER