Jumat, 31 Oktober 2014 | 11:50 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Pilgub Jabar 2013
Visi Misi Cagub/Cawagub Masih Abstrak
Headline
ilustrasi
Oleh: Dadi Haryadi
nasional - Jumat, 28 Desember 2012 | 22:00 WIB
Berita Terkait

INILAH, Bandung - Budayawan Acep Iwan Saidi menilai, visi dan misi pasangan Calon Gubernur/Wakil Gubernur Jawa Barat masih abstrak. Artinya, para calon dan tim sukses belum bisa menjelaskan secara rinci 'barang jualan' yang akan ditawarkan kepada masyarakat.

""Visi dan misi para calon masih berupa kalimat abstrak," ujar Acep kepada wartawan dalam acara diskusi 'Refleksi Akhir Tahun; Menuju Pilgub Jabar', Jumat (28/12/2012).

Dia menjelaskan, visi dan misi yang abstrak membuatnya sulit terukur. Karena itu, kalimat-kalimat tersebut perlu diubah agar mudah dimengerti dan terlihat lebih realistis. "Kalimatnya harus diubah misalnya Jabar 2050 anak SD naik angkot sambil baca buku," katanya.

Lebih lanjut dia menuturkan, visi dan misi perlu berbentuk formula dari penyelesaian permasalahan di Jabar. Permasalahan yang diangkat bisa berupa upaya pengetasan kemiskinan, lapangan kerja dan lainnya.

Selain itu, katanya, visi dan misi yang abstrak menunjukan tidak ada kreatifitas. Hal itu diduga kesalahan partai politik yang kurang berani memberikan terobosan baru kepada calon yang diusungnya.

Menurutnya, visi dan misi yang baik berisi konsep kebutuhan masyarakat. Untuk itu, para calon perlu turun langsung ke masyarakat untuk meraih aspirasi. "Tapi kalau terjun ke masyarakatnya sekarang sih yang terlambat karena butuh waktu untuk menyusun visi dan misi," pungkasnya.[ang]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER