Kamis, 24 Juli 2014 | 23:58 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Sebut Bagan Siapi-api Bagian Wilayah Sumut
Effendi Simbolon Permalukan PDI Perjuangan
Headline
Effendi Simbolon - inilah.com
Oleh:
nasional - Rabu, 21 November 2012 | 00:30 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Terkait penyebutan daerah Bagan Siapi-api yang masuk wilayah Sumatera Utara (Sumut), Calon Gubernur (Cagub) Sumatera Utara Effendi Simbolon dinilai telah mempermalukan PDI Perjuangan.

Terkait pernyataan itu, Effendi Simbolon terbukti tidak mengenal wilayah Sumut dan hanya menjadikan Bagan Siapi-api sebagai komoditas retorika politik.

Sekretaris Komisi II DPRD Rokan Hilir, Leonard Situmorang mengatakan, pernyataan Effendi Simbolon saat ini menjadi hot issue di masyarakat Riau, khususnya Kabupaten Rokan Hilir.

Bahkan lanjut Leonard, pernyataan itu menjadi pembicaraan hangat di lingkungan Pemerintahan dan DPRD Rokan Hilir, kalangan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM), maupun media massa lokal.

Seperti dilansir sejumlah media, Kamis lalu (15/11), Calon Gubernur Sumut Effendi Simbolon menyatakan akan mengembalikan kejayaan kota Bagan Siapi-api sebagai penghasil ikan terbesar di Sumut dan Indonesia. Padahal, katanya, Bagan Siapi-api merupakan Ibukota Rokan Hilir, Riau.

Menurut Leonard, pernyataan itu menunjukkan Effendi Simbolon tidak tahu dengan apa yang tengah di bicarakan. “ Itu sama saja Effendi Simbolon menyatakan siap maju sebagai Gubernur Sumut tetapi ingin membangun Riau. Ini memalukan PDIP,” tegas Leonard.

Sementara ketua Solidaritas Rakyat Untuk Keadilan dan Pelayanan Publik, Radisman Saragih, mengatakan, pernyataan Effendi Simbolon membuktikan jika Ketua DPP PDIP itu hanya menjadikan Bagan Siapi-api sebagai komoditas retorika politik dengan tujuan mengangkat citra Effendi Simbolon sebagai Calon Gubernur yang akan mengembangkan sebuah kawasan.

“Pernyataan Effendi Simbolon akan mengembalikan kejayaan Bagan Siapi-api sangat tampak tidak tulus, hanya untuk pencitraan yang membohongi masyarakat. Kami warga Rokan Hilir menolak Bagan Siapi-api dijadikan komoditas politik oleh siapapun, apalagi oleh Effendi Simbolon yang tidak pernah kami kenal,” kata Radisman.

Radisman mengatakan, Solidaritas Rakyat Untuk Keadilan dan Pelayanan Publik dan LBH Keadilan Bagan Batu menuntut Effendi Simbolon untuk mencabut pernyataan yang menyebut Bagan Siapi-api merupakan bagian Sumut. Bahkan sebagai masyarakat Riau yang berasal dari Sumut, Leonard Situmorang dan Radisman Saragih meminta agar masyarakat Sumut benar-benar mempertimbangkan siapa calon Gubernur Sumut yang jadi pilihannya pada Maret 2013 mendatang.[dit]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
12 Komentar
Pembela Kebenaran
Rabu, 13 Maret 2013 | 15:42 WIB
GANTENG Untuk 5 Tahun Ke depan.. Gubsu dan Wagubsu Sumut
jalutung
Selasa, 12 Maret 2013 | 19:41 WIB
Ha..ha..ha..ha..ada-ada saja..Ini namanya Dagelan Politik..gitu sok mau bangun SUMUT, batas-batas wilayahnya saja nggak tau.
anonymous
Minggu, 10 Maret 2013 | 22:32 WIB
kalau nga tau ya ngaku aja nga tau...jangan dibuat buat...ntar dianggap membohongi publik...
sukarna
Kamis, 7 Maret 2013 | 01:00 WIB
eh ...... calon gubernur ngak paham ama daerahnya.apa kata dunia???
efendi
Selasa, 5 Maret 2013 | 12:08 WIB
salah satu bukti cagub tidak sungguh2 dengan kata-katanya saat kampanye....
Sembiring
Senin, 4 Maret 2013 | 01:24 WIB
Pernyataan Effendi Simbolon sebenarnya kurang menyebut Kota Jakarta untuk di majukan, Bagan Siapi-api memang kalu bisa di majukan tak masalah karena penduduk Sumatera Utara banyak bekerja di sana, Dulu ikan dari bagan siapi-api sangat terkenal dan dibutuhkan di Sumut.Jakarta kalau bisa di bersihkan dari pembantu2 Presiden yang tak berbobot seperti dAHLAN ISKAN:membut mobil Ferarri tapi membuat genset saja tak mampu yg ada genset abal2 made China.
ita
Rabu, 6 Februari 2013 | 10:57 WIB
hanya Tuhan yang sempurna, jd tidak usah membesar-besarkan gitu aja kok repot. Selamat ESJA, calon GUBSU dan WAGUBSU yang cocok EFFENDI SIMBOLON-JUMIRAN ABDI. ESJA PASTI MENANG, HIDUP EFFENDI SIMBOLON.
Pencinta SDUMUT
Kamis, 17 Januari 2013 | 13:00 WIB
Mencari Gubernur Sumatra Utara, agar bisa membawa Sumatra Utara ke tingkat kemajuan yang sangat dibutuhkan masyarakat Sumatra Utara.Untuk mendapatkan pemimpin yang benar benar memimpin rakyat ke kemajuan dan ke kemakmuran, pemimpin itu harus yang berhati jujur dan mengabdi.Untuk menguji pemimpin seperti itu, calon CAGUBSU itu harus bisa membeberkan dengan terbuka kepada rakyat pemilih dari mana uangnya yang dimiliki sekarang ini apakah hasil korrupsi atau penipuan.Terbuka ke rakyat 100%,biar rakyat sendiri yang mem-verifikasi, tidak ada yang disembunyikan.Pada saat mendapatkan uang atau kekayaan tersebut apakah tiap tahun dia bayar pajak kekayaannnya, ini juga harus dibuka, kalau tidak mau menunjukkan ini bagaimana dia bisa menganjurkan dan menyuruh rakyat membayar pajak,Ini lah syarat mutlak untuk mendapatkan pemimpin yang baik,jujur dan mengabdi.Mari kita rakyat Sumatra Utara mengkampanyekan ini serious.
GERY SIRAIT
Rabu, 12 Desember 2012 | 11:54 WIB
Wah wah wah sungguh memalukan! !!! Padahal Saya sejak awal ingin milih bang efendi simbolon tp jd agak ragu neh Tolong bang fendi di klarifikasi neh berita apakah ini kesilapan atau memang abang yg terlalu bersemangat sampai2 lupa bagan siapi api letaknya dimana !
Effendi simbolon
Jumat, 23 November 2012 | 16:09 WIB
2 x 24 jam , anda harus memuat 2 komentar saya, jika tidak anda berarti mencemarkan nama baik saya, yang dapat digugat sebagai tindak pidana
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER