Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 26 Desember 2014 | 20:35 WIB
Hide Ads

Imam Soeroso

Puasa di Awal Bulan Suro

Oleh : R Ferdian Andi R | Jumat, 16 November 2012 | 11:45 WIB
Puasa di Awal Bulan Suro
Anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Imam Soeroso - ist

INILAH.COM, Jakarta - Tahun baru Hijriyah jatuh pada Kamis (15/11/2012) kemarin. Bagi masyarakat Jawa, tahun baru Hijriah akrab dengan sebutan malam Suro. Berbagai ritual kerap dilakukan. Salah satunya dilakukan oleh anggota Komisi IX DPR RI dari Fraksi PDI Perjuangan Imam Soeroso.

Imam Soeroso politikus PDI Perjuangan termasuk yang masih memegang erat tradisi jawa. Tahun baru hijriyah dalam tradisi Islam, juga dimaknai sebagai malam Suro. Imam mengaku selama tiga hari pertama di bulan Suro, dirinya melaksanakan puasa. "Saya puasa sejak Kamis (15/11/2012) hingga Sabtu (17/11/2012)," ujar Imam kepada INILAH.COM dihubungi di Pati, Jawa Tengah, Jumat (16/11/2012).

Mbah Roso, demikian ia kerap disapa, memang memiliki latar belakang sebagai tokoh supranatural yang populer. Menurut Mbah Roso, puasa yang ia lakukan sebagai upaya lelaku prihatin untuk menambah kekuatan ilmu. "Upaya ini diikhtiarkan untuk tolak bala, menyatukan diri dengan alam jagat raya. Saya berdoa khusus untuk tanah air," papar anggota Komisi IX DPR RI ini.

Ritual menyambut bulan Suro ini, menurut Mbah Roso, dilakukan sejak dirinya masih duduk di bangku sekolah tingkat atas. Selain dirinya, ia menyebutkan ritual ini juga dilakukan oleh keluarga dan para muridnya.

Selain melaksanakan puasa di tiga hari pertama di bulan Suro, Mbah Roso juga melakukan ziarah kubur ke makam para wali Allah seperti Sunan Kudus dan Sunan Kalijaga. "Saat ini saya sedang mempertimbangkan melakukan ruwatan untuk menghindari bencana di Tanah Air," ungkap bekas kandidat Bupati Pati ini. [fer]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.