Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 3 Juli 2015 | 14:51 WIB
Hide Ads

Puluhan Rumah di Pagaralam Dihantam Puting Beliung

Oleh : - | Rabu, 17 Oktober 2012 | 23:08 WIB

Berita Terkait

Puluhan Rumah di Pagaralam Dihantam Puting Beliung
Foto: Ilustrasi

INILAH.COM, Jakarta - Sedikitnya 99 bangunan rumah di Lubukbuntak dan Perahudipo, Pagaralam, Sumatera Selatan mengalami rusak akibat hantaman angin puting beliung yang disertai hujan deras. Tak hanya rumah, puting beliung juga merobohkan puluhan pohon dan tanaman milik warga.

"Angin puting beliung terjadi bersamaan dengan hujan lebat dan suara petir cukup keras, kemudian disusul dengan merusak puluhan bangunan rumah terbuat dari kayu beratap seng di Lubukbuntak, Tebingtinggi dan Karanganyar," kata Camat Dempo Selatan, Ramad Mandro, di Pagaralam, Rabu (17/10/2012).

Sejumlah rumah yang mengalami kerusakan parah akibat puting beliung berada di Karang Anyar, Lubukbuntak dan Dusun Tebingtinggi. Sebagian besar atap rumah terlepas dan terbawa angin saat hujan deras mengguyur wilayah tersebut.

Sementara itu Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Pagaralam, Herawadi mengatakan daerah Dempo Selatan terbilang rawan terjadi bencana angin puting beliung. Bahkan pada 2011 lalu juga pernah terjadi musibah yang sama dan sebanyak 37 bangunan rumah mengalami kerusakan.

"Saat ini Pagaralam mengalami kondisi perubahan cuaca yang dapat menimbulkan angin kencang dan puting beliung sering datang secara tiba-tiba," ungkapnya.

Hingga hari ini pihaknya masih melakukan pendataan terkait kerusakan bangunan rumah akibat puting beliung serta menghitung kerugian materi. Sedangkan untuk korban jiwa dipastikan tidak ada, kecuali korban harta benda milik warga.

"Ancaman angin puting beliung ini juga tidak hanya di satu tempat, tapi juga menyebar di tiga dusun Kecamatan Dempo Selatan, khususnya daerah jalur yang sering dilewati puting beliung," katanya. [ANT]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.