Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Minggu, 24 Februari 2019 | 01:00 WIB

Eddie Widiono Amankan Emir Moeis

Oleh : Firman Qhusnul Yakin | Rabu, 17 Oktober 2012 | 18:02 WIB

Berita Terkait

Eddie Widiono Amankan Emir Moeis
inilah.com/Agus Priatna

INILAH.COM, Jakarta - Mantan Direktur Utama PT Perusahaan Listrik Negara, Eddie Widiono Suwondho selesai menjalani pemeriksaan di Komisi Pemberantasan Korupsi sebagai saksi untuk kasus proyek PLTU Tarahan, Lampung Selatan, tahun 2004.

Dalam kesaksiannya, Eddie terkesan menutupi keterlibatan Ketua Komisi XI Dewan Perwakilan Rakyat, Izedrik Emir Moeis dalam proyek ini. "Tidak ada pengaturan proyek (Emir Moeis)," kata Eddie setelah diperiksa Komisi Pemberantasan Korupsi, Jakarta Selatan, Rabu (17/10/12).

Eddie diperiksa penyidik sebagai Emir Moeis. Emir telah ditetapkan sebagai tersangka yang diduga menerima suap senilai US$300 ribu lebih dari PT Alstom Indonesia. Politikus kawakan dari PDI-Perjuangan itu dikenakan pasal 5 ayat 2 dan atau pasal 12 a dan b, atau pasal 11 dan atau pasal 12 B Undang-Undang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Kasus korupsi PLTU Tarahan terungkap setelah KPK berhasil mengembangkan kasus proyek CIS-RISI di PLN Distribusi Jakarta Raya (Disjaya) Tangerang yang menjerat Eddie Widiono. Di kasus CIS-RISI, Emir pernah sebagai saksi.

Proyek pembangunan PLTU Tarahan mulai dilakukan sejak September 2004. Proyek ini ditaksir menghabiskan dana lebih dari US$200 juta dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara. [tjs]

Komentar

x