Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 16 Desember 2017 | 04:31 WIB

Bali Jadi Tuan Rumah Konferensi Kebudayaan Dunia

Oleh : Dewa Putu Sumerta | Minggu, 7 Oktober 2012 | 02:15 WIB
Bali Jadi Tuan Rumah Konferensi Kebudayaan Dunia
inilah.com/Dewa Putu Sumerta
facebook twitter

INILAH.COM, Gianyar - World Culture Development Forum, Bali Forum (WCF), atau konferensi kebudayaan dunia, akan digelar di Bali pada November 2013 mendatang. Dengan menjadi tuan rumah WCF 2013, Indonesia diharapkan dapat memegang peranan penting dalam pembangunan kebudayaan di tingkat global.

Hal ini disampaikan Wakil Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Bidang Kebudayaan, Prof. Wiendu Nuryanti, usai acara pesamuan atau dialog budaya, di Museum Rudana Ubud, Sabtu (6/10/2012), Pesamuan budaya ini merupakan rangkaian persiapan WCF 2013, yang akan digelar di Bali pada 24-29 November 2013.

Menurut Wiendu, dalam konfrensi kebudayaan dunia 2013 nanti ada dua hal penting yang akan dibahas yakni masalah kebudayaan itu sendiri dan dampaknya terhadap kesejahteraan masyarakat.

"Dalam pertemuan nanti, selain membahas berbagai agenda terkait kebudayaan, juga akan dibahas bagaimana budaya itu bisa turut serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Bagaimana power of culture ini dalam mensejahterakan masyarakat," imbuh Wiendu.

Selain itu, dengan menjadi tuan rumah WCF 2013, Indonesia diharapkan akan menjadi titik penting pada peta dunia di bidang kebudayaan. "Dengan menjadi tuan rumah, Indonesia sebagai negara yang punya keragaman budaya luar biasa, nantinya bisa memainkan peranan penting di tingkat global dalam pembangunan kebudayaan," tegas Wiendu, .

Konfrensi kebudayaan dunia ini akan diikuti pemimpin dari 40 negara. Para pemenang hadiah nobel kebudayaan, rencananya juga akan jadi pembicara penting dalam konfrensi ini. " Kenapa digelar di Bali? Ini karena Bali menjadi contoh yang menawarkan kasus atau profil sinergi kebudayaan dan kesejahteraan masyarakat. Kita harap ini jadi pertemuan reguler," tutupnya.[dit]

Tags

Komentar

 
x