Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 15:12 WIB

AS Harus Jelaskan Mengenai Innocence of Muslims

Oleh : Laela Zahra | Senin, 24 September 2012 | 23:40 WIB
AS Harus Jelaskan Mengenai Innocence of Muslims
IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Pemerintah Amerika Serikat (AS) diharapkan mampu menjelaskan tiga hal mengenai pembuatan dan penyebaran film "Innocence of Muslims" oleh warga negaranya.

Pengamat Hukum Internasional dari Universitas Indonesia, Hikahanto Juwana, mengatakan penting bagi Duta Besar AS Scot Merciel menjelaskan tentang kebijakan negaranya terhadap film penistaan agama yang berdampak besar bagi internasional.

"Pertama, Dubes AS harus mengklarifikasi bahwa film tersebut bukan secara resmi diproduksi oleh pemerintah AS, jadi bukan kebijakan resmi pemerintah untuk melakukan penistaan terhadap Islam," ujar Hikmahanto, kepada INILAH.COM, Senin (24/9/2012).

Kedua, lanjut Hikmahanto, pemerintah AS harus memiliki aturan agar warga negaranya tidak menyampaikan pendapat atau berekspresi melampau batas hingga pada perbuatan penistaan agama, yang mana telah memberi dampak buruk bagi perdamaian dunia.

"Ketiga, harusnya ada upaya supaya antara kebebasan berpendapat yang diagungkan di negara barat, tidak berdampak pada korban jiwa, atau dampak apa pun di negara lain termasuk Indonesia," kata Hikmahanto.

Menurutnya upaya hukum terhadap setiap orang yang menistakan agama perlu ada, termasuk di negara liberal seperti AS. "Masak iya sih orang bebas berpendapat tapi tidak kena hukuman, sampai-sampai warga AS sendiri meninggal," ketusnya.[dit]

 
Embed Widget

x