Jumat, 1 Agustus 2014 | 08:42 WIB
Follow Us: Facebook twitter
KPK Masih Penasaran Pada Ayin
Headline
Artalita Suryani (Ayin) - inilah.com/Agus Priatna
Oleh: Firman Qusnul Yakin
nasional - Jumat, 21 September 2012 | 09:43 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menjadwalkan kembali pemanggilan Artalita Suryani (Ayin) terkait kasus penyuapan pengurusan Hak Guna Usaha (HGU). Ketua KPK Abraham Samad mengatakan, pihaknya kemungkinan tidak akan berhenti pada pemeriksaan Ayin yang pertama di KBRI Singapura.

Bahkan, mantan narapidan kasus penyuapan jaksa tersebut pun kemungkinan akan segera dipanggil kembali untuk dimintai keterangannya terkait kasus suap sebesar Rp3 miliar itu. “Semua kemungkinan untuk memanggil Ayin itu masih ada,“ kata ketua KPK, Abraham Samad di Jakarta, Jumat (20/9/12).

Abraham pun mengatakan, pihaknya masih terus mendalami kemungkinan adanya keterlibatan Ayin dalam kasus yang telah menjerat rival usahanya Hartati Murdaya itu sebagai tersangka. Terlebih, nama Ayin beberapa kali disebut sebut dalam persidangan Gondo Sudjono dan Yani Anshori, anak buah Hartati.

“Masih dilakukan pendalaman dan kita tidak berhenti sampai sini saja. Semua masih akan kita dalami,“ tegasnya.

Nama Ayin disebut dalam dakwaan petinggi PT Hardaya Inti Plantations. Pergerakan perusahaan anak Ayin-lah yang menjadi pelecut PT HIP untuk menyuap Bupati Buol Amran Batalipu agar menerbitkan Hak Guna Usaha (HGU) untuk PT Sebuku Plantations seluas 4500 Hektar yang letaknya bersebelahan dengan lokasi perkebunan Ayin, PT Sonokeling Buana.

Dalam dakwaan perkara suap Buol tersebut, dengan tersangka Gondo Sudjono dan Yani Anshori, terungkap kasus suap tersebut berlatar persaingan usaha antara PT Hardaya Inti Plantation milik Hartati dan PT Sonokeling Buana milik Artalita Suryani.

Tidak hanya itu bahkan sejumlah nama pihak HIP juga muncul dalam sidang yang digelar di Pengadilan Tipikor Jakarta tersebut. Seperti nama Totok Listoyo sebagai Direktur Utama HIP juga tersebut perannya. [tjs]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER