Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Sabtu, 18 April 2015 | 20:09 WIB
Hide Ads

Bogor Diguncang Gempa 4.8 SR, 250 Rumah Rusak

Oleh : Marlen Sitompul | Minggu, 9 September 2012 | 14:39 WIB
Bogor Diguncang Gempa 4.8 SR, 250 Rumah Rusak
IST

INILAH.COM, Jakarta - Gempa bumi berkekuatan 4,8 Skala Richter (SR) yang terjadi pada Minggu (9/9/2012) sekitar pukul 01.27 WIB dini hari mengejutkan warga Bogor dan Sukabumi.

BMKG melaporkan lokasi pusat gempabumi di darat yaitu 6.70 LS, 106.64 BT (31 km Barat Daya Kabupaten Bogor - Jawa Barat) dengan kedalaman 10 km. Gempa tidak menimbulkan berpotensi menimbulkan gelombang tsunami. Intensitas gempa yang dirasakan II MMI di Bogor dan Sukabumi.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho melalui rilis yang diterima INILAH.COM, menyatakan, hingga siang ini pendataan masih dilakukan oleh BPBD.

"Meski dilaporkan intensitas gempa sangat ringan hanya 2 MMI. Namun di lokasi dilaporkan banyak rumah yang rusak. Di Kecamatan Pamijahan, Kabupaten Bogor tercatat 250 rumah rusak," kata Sutopo. Kerusakan antara lain terjadi di Desa Purbakti 65 rumah rusak dan Desa Cibunian 185 rumah rusak. 3 orang luka dan dirawat di puskesmas setempat.

Dia mengatakan, BPBD Kabupaten Bogor bersama Muspika dan masyarakat setempat melakukan penanganan bencana. Posko juga sudah didirikan di Balai Desa.

"Pengungsian sementara tinggal di rumah tetangga yang rumahnya tidak rusak. Logistik dan tenda segera dikirim dari BPBD Bogor. Tim Reaksi Cepat BNPB telah di lokasi sejak tadi pagi. Pendataan dan verifikasi kerusakan masih dilakukan di lapangan," ucapnya. [mvi]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.