Jumat, 28 November 2014 | 12:33 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Komnas HAM Mulai PD Bicara Sampang
Headline
IST
Oleh: Sumitro
nasional - Sabtu, 1 September 2012 | 12:35 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Jakarta - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) kini mulai percaya diri menyampaikan sikapnya terhadap kasus-kasus kekerasan yang terjadi belakangan ini, setelah mendapatkan perpanjangan masa jabatan sementara melalui Keputusan Presiden.

Komisioner Komnas HAM, Nur Kholis, meminta penanganan kerusuhan yang terjadi di Sampang Madura diurai secara jernih. Pemerintah dan institusi terkait melakukan kerjasama dan koordinasi yang baik sebagai bentuk konsekuensi logis atas dilakukannya ratifikasi hukum HAM Internasional.

"Dengan ratifikasi hukum HAM internasional maka pemerintah harus menengahi. Itu sudah konsekuensinya karena pemerintah telah meratifikasi UU tersebut," terangnya dalam dialog 'Kekerasan dan Komnas HAM' di Warung Daun, Cikini, Jakarta Pusat, Sabtu (1/9/2012).

Nur Kholis mengungkapkan, meskipun kasus di Sampang Madura bermula dari agama tapi kini masalahnya menjadi lebih komplek, yakni antara dua madzhab Sunni dan Syiah. Dua pelaku penyebab yang patut dimintai pertanggungjawaban atas kerusuhan Sampang Madura.

Beban berat yang ditanggung pemerintah, menurutnya karena dalang dari kerusuhan yang ada saling menunggangi. Sehingga aparat keamanan dalam menangani di lapangan sebaiknya tidak bekerja sendiri. "Kasus kekerasan harus direkontruksi dengan jernih," ucap Nur Kholis.

Diakuinya konflik di masyarakat akan terus ada, karena adanya perbedaan paham. Namun negara harus hadir untuk meminimalisir banyaknya korban pada konflik-konflik yang ada. Konflik harus pula dimaknai sebagai hal yang positif sekaligus cerminan dari adanya perbedaan di masyarakat.

"Ini untuk mencegah negara gagal. Konflik harus ada, tapi diminimalisir. Konflik harus dimaknai hal yang positif sebagai sebuah cermin perbedaan," pungkasnya. [lal]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER