Sabtu, 25 Oktober 2014 | 06:05 WIB
Follow Us: Facebook twitter
Api di Hutan Gunung Agung Belum Padam
Headline
inilah.com/Dewa Putu Sumerta
Oleh: Dewa Putu Sumerta
nasional - Sabtu, 1 September 2012 | 10:20 WIB
Berita Terkait

INILAH.COM, Karang Asem - Kebakaran hebat yang terjadi pada Jumat (31/8/2012) sore di hutan Gunung Agung, Kabupaten Karangasem, Bali. Hingga kini masih berlangsung. Ratusan petugas gabungan kini tengah berupaya secara manual dengan peralatan seadanya memadamkan kebakaran di hutan Gunung tertinggi di Bali tersebut.

Pemadaman secara sederhana itu di lakukan petugas mengingat tidak adanya akses jalan dan sulitnya medan menuju lokasi kebakaran. Rencananya sesuai keputusan hasil koordinasi berbagai unsur, pagi ini petugas gabungan di kerahkan ke lokasi untuk menjinakkan amukan si jago merah tersebut. "Kini ratusan petugas gabungan dikerahkan dari BPBD, PMI, BKSDA, Kepolisian, SAR, TNI dibantu unsur masyarakat lainnya akan bersama berupaya memadamkan api," ungkap pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah BPBD Kabupaten Karangasem, Nyoman Sutirtayasa, Sabtu (1/9/2012).

Agar dapat mencapai lokasi titik api, petugas gabungan harus menaiki medan yang sulit dan cukup terjal sejauh 4 kilometer. Dari beberapa titik api, untuk sementara petugas gabungan akan memulai memadamkan di lokasi terdekat yaitu di Desa Datar, Tulamben, Karangasem. " Kami kini berusaha memfokuskan menghambat penyebaran api agar tidak menjalar ke lokasi lainnya," imbuh Sutirtayasa.

Menurut Sutirtayasa, hingga pagi ini masih terlihat kepulasan asap yang membumbung dari hutan Gunung Agung tersebut. Mengingat situasinya tidak memungkinkan untuk pemadaman dengan air, petugas gabungan akhirnya berangkat ke lokasi untuk memadamkan api secara manual.

Seperti diberitakan sebelumnya, Jumat (31/8/2012) sore hutan di Gunung Agung terbakar. Kobaran api berada di bagian timur sekitar Desa Bankubu dan Jungutan sampai dengan Kedampal di Kecamatan Kubu, Karangasem, Bali. Kebakaran hebat yang terjadi hutan Gunung Agung itu bahkan terlihat hingga sejauh 30 kilometer dan terlihat jelas hingga Kota Amlapura Ibukota Kabupaten Karangasem, Bali.

Untuk di ketahui, kebakaran hutan di Gunung Agung bukan kali pertama terjadi, sebelumnya pada Bulan Oktober 2011 lalu, si jago merah juga pernah mengamuk di hutan Gunung Agung sehingga menyebabkan lebih dari 60 hektar hutan di lereng timur dan utara Gunung Agung, ludes terbakar. [lal]

Dapatkan berita populer pilihan Anda gratis setiap pagi di sini atau akses mobile langsung http://m.inilah.com via ponsel dan Blackberry !. Kini hadir www.inilah.com di gadget Anda , dapatkan versi Android di Google Play atau klik http://ini.la/android dan versi Iphone di App Store atau klik http://ini.la/iphone
0 Komentar
Belum ada komentar untuk berita ini.
Kirim Komentar
Nama :
Email :
Komentar :
Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab.
INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.
Gunakan layanan gravatar untuk menampilkan foto anda.
BERITA LAINNYA
BERITA POPULER