Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 27 Maret 2015 | 20:11 WIB
Hide Ads

Peluang Sultan Capres Masih Tinggi

Oleh : Agus Rahmat | Jumat, 31 Agustus 2012 | 12:25 WIB

Berita Terkait

Peluang Sultan Capres Masih Tinggi
inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Walaupun akan melepas status sebagai anggota Partai Golkar, Sultan Hamengkubuwono X tetap mempunyai peluang maju di pemilu presiden 2014.

Ketua DPP Golkar Hadjriyanto Y Thohari mengatakan, tidak ada kaitan antara posisi Sultan dengan pemilu 2014. "Tidak ada kaitannya pencalonan seseorang menjadi capres dan cawapres dengan keanggotaan partai," kata Hadjriyanto di gedung DPR Jakarta, Jumat (31/8/2012).

Dalam aturan undang-undang, tidak ada hambatan bagi Sultan untuk maju. Hadjrianto menjelaskan, jika nantinya Sultan ingin maju, itu diperbolehkan. Sebab, yang mengajukan capres dan cawapres adalah partai politik, namun orang yang diajukan tidak harus orang partai.

"UU kita diajukan persyaratan yang bersangkutan adalah pengurus partai politik. Apakah dia orang parpol atau bukan," katanya.

Sejak disahkannya Undang-Undang Keistimewaan (RUU K) Yogyakarta, posisi Sultan diharuskan melepaskan jabatan keanggotaan di partai politik. Sultan sebelumnya aktif di Partai Golkar dengan menjadi anggota Dewan Pembina DPP Golkar dan Ketua DPP Golkar. [mvi]

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

Silahkan isi kode keamanan berikut

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.