Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Senin, 2 Februari 2015 | 05:41 WIB
Hide Ads

Sosiolog: Teguran SBY ke Anak SD Hanya Spontan

Oleh : Karel S Ratulangi | Kamis, 30 Agustus 2012 | 17:18 WIB
Sosiolog: Teguran SBY ke Anak SD Hanya Spontan
inilah.com/wirasatria

INILAH.COM, Jakarta - Sosiolog Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah, Musni Umar menilai, teguran Presiden Susilo Bambang Yudhoyono kepada anak SD yang tidur saat pidato Hari Anak Nasional (HAN) merupakan spontanitas saja.

Presiden tujuannya baik agar anak tersebut tetap terjaga untuk mendengarkan apa yang dikatakan orangtua. Anak-anak harus dilatih agar bisa bersikap terhadap orangtua dan juga orang-orang tertentu (pejabat).

"Yang penting adalah bagaimana guru dan orangtua mendidik dan melatih anak," ujarnya saat dihubungi dari Jakarta, Kamis (30/8/2012).

Anak-anak harus dilatih dari umur sedini mungkin untuk bisa bersikap yang baik bila mendengarkan nasihat dan masukkan dari orangtua agar nantinya bisa menghormati orangtua. Karena anak-anak zaman sekarang sudah banyak yang melawan orangtua, bahkan menggunakan kata-kata yang tidak pantas.

Pada saat peringatan HAN di Taman Mini Indonesia Indah kemarin pihak protokol kurang jeli. Seharusnya untuk anak-anak tidak usah diikutkan dalam mendengarkan pidato, atau pidato dengan menggunakan bahasa yang mudah dicerna anak-anak. Ini kaitannya dengaan psikologi anak.

Apa yang dilakukan presiden tidak salah, hanya memang mungkin caranya saja yang tidak disesuaikan dengan anak-anak. "Saya yakin niat SBY menegur anak yang tidur itu baik, supaya anak tersebut memperhatikan orang tua (menghormati). Sangat penting pendidikan dini untuk mendengar apa yang dikatakan orangtua," tambahnya. [yeh]

Berita Terkait Lainnya

0 Komentar

Belum ada komentar untuk berita ini.

Kirim Komentar

10959

Komentar akan ditampilkan di halaman ini, diharapkan sopan dan bertanggung jawab. INILAH.COM berhak menghapus komentar yang tidak layak ditampilkan.