Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 29 Juni 2017 | 14:21 WIB

Kosgoro Tolak Usul Komnasham Terkait Keluarga PKI

Oleh : Agus Rahmat | Rabu, 22 Agustus 2012 | 11:05 WIB
Kosgoro Tolak Usul Komnasham Terkait Keluarga PKI
Ketua DPP Kosgoro 1957 Leo Nababan - IST
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Salah satu ormas Partai Golkar, Kosgoro 1975 menolak usulan Komisi Nasionak Hak Asasi Manusia (Komnasham) agar pemerintah meminta maaf ke keluarga PKI. Kosgoro melihat, justru permintaan itu akan menimbulkan konflik horizontal lagi.

Hal tersebut disampaikan oleh Ketua DPP Kosgoro 1957 Leo Nababan. Bahkan Leo menegaskan Kosgoro siap menghadang keinginan GP Ansor yang mengatakan akan mengawal masalah ini. "127 ormas pendukung Pancasila yang anti komunis tahun 1965 yang tergabung dalam front Pancasila akan siap menghadang terutama kawan-kawan generasi muda Ansor Nahdatul Ulama bila peristiwa ini misalnya minta diadili. Sekali lagi jangan terlalu jauh," ujar Leo dalam keterangan persnya yang diterima INILAH.COM, Rabu (22/8/2012).

Leo yang juga Wakil Sekjen DPP Partai Golkar ini mengatakan, hingga kini peraturan mengenai PKI masih termaktub dalam ketetapan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Dengan begitu, tidak bisa serta merta termasuk Komnasham untuk mengusulkan agar pemerintah Indonesia meminta maaf kepada keluarga PKI. "TAP MPRS No.XXV tahun 1966 tentang ajaran komunis belum dicabut," ucapnya.

Bagi Leo, masalah ini masih sangat sensitif. Dia khawatir, akan terjadi konflik horizontal di tengah-tengah masyarakat. Menurutnya saat ini kehidupan para keluarga mantan anggot PKI sudah cukup baik, terlebih dengan dipulihkannya hak politik mereka.

"Dan saya tidak mengharap NKRI bubar dan berdarah-darah lagi bila terjadi konflik horizontal. Cukup yang sekarang saja, kehidupan para keluarga PKI. Sudah cukup hak politik mereka dipulihkan," tandasnya.[bay]

Tags

 
x