Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 22 September 2017 | 15:23 WIB

Tak Pernah Siaran, BSTV Menang Tender TV Digital

Oleh : - | Kamis, 2 Agustus 2012 | 02:00 WIB
Tak Pernah Siaran, BSTV Menang Tender TV Digital
Foto : Ilustrasi
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Ketua Komisi Penyiaran Indonesia (KPI) Daerah Banten Muhibudin mempertanyakan kemenangan BSTV dalam tender televisi digital. Pasalnya, pihaknya sama sekali tidak dilibatkan dalam penentuan tender tersebut.

Hal itu sangat disesalkan karena pada akhirnya pihak KPID banyak menerima protes dari pengelola televisi lokal karena penentuan tender tersebut dinilai ada beberapa kejanggalan.

Beberapa pihak mengeluhkan mengapa BSTV yang belum terdengar bersiaran bisa memenangkan tender digital, dan bagaiamana soal IPP BSTV.

Diungkapkan oleh Muhib bahwa BSTV mengajukan izin siar kepada KPID sejak 2008. Setelah dirapatkan dalam forum yang melibatkan KPI Pusat, KPI Daerah, Kominfo, Pemerintah daerah. Hasilnya BSTV mendapatkan persetujuan.

Tahun 2010-2011, BSTV mendapat IPP prinsip, sejak saat itu BSTV sudah bisa bersiaran. Hanya saja KPID tidak bisa memastikan apakah BSTV sudah melakukan siaran atau belum.

Meski BSTV sempat melakukan uji siaran dan mendapat IPP tetap sejak April 2012, Muhib tidak dapat memastikan apakah BSTV sudah bersiaran atau belum.

"Sebab frekwensi yang digunakan oleh BSTV kanal 24 di Malingping, Banten. Jaraknya sekitar 4-5 jam dari Serang, KPID Banten," ujar Muhib kepada wartawan, Rabu (1/8/2012). "Jika memang BSTV tidak bersiaran setelah BSTV mendapat IPP tetap maka KPID bisa melakukan hal tegas," imbuh Muhib.

Namun Muhib belum bisa memastikan tindakan tegas apa yang akan dilakukan. Dia hanya menegaskan akan meninjau ulang dan memberikan alternatif pemikiran terkait persoalan tersebut. "Lebih ideal apabila KPI pusat dan daerah ikut dilibatkan," tandasnya.

Tags

 
x