Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Kamis, 21 September 2017 | 19:35 WIB

Merasa Jadi Korban Mafia Hukum

Nenek Loeana Gugat Ketua PN Denpasar

Oleh : Dewa Putu Sumerta | Kamis, 2 Agustus 2012 | 03:15 WIB
Nenek Loeana Gugat Ketua PN Denpasar
Inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Denpasar - Merasa menjadi korban mafia hukum nenek Loeana Kanginnadhi (77) akhirnya mengajukan gugatan kepada Ketua Pengadilan Negeri Denpasar, Istiningsih Rahayu.

Pendaftaran gugatan ini diajukan nenek tak berdaya itu melalui kuasa hukumnya, Sumardhan, pada Rabu (1/8/2012) sore. Menurut Sumardhan, pihaknya mengajukan gugatan setelah berulang kali memohon agar tiga hakim yang memimpin sidang kasus nenek Loeana di PN Denpasar diganti karena mereka dinilai dalam memimpin sidang tidak obyektif dan independen. Dalam gugatan tersebut, Sumardhan mengajukan gugatan materiil sebesar Rp 1000.

"Kami mengajukan gugatan hari ini setelah berulang kali memohon kepada ketua PN Denpasar, agar tiga hakim yang memimpin sidang nenek Loeana diganti namun ketua PN Denpasar menolak dan berdalih tidak ada alasan untuk mengganti hakim itu," ungkap Sumardhan, usai mendaftarkan gugatannya, Rabu (1/8/2012) sore.

Sementara itu, menurut humas PN Denpasar, Amzer Simanjuntak mengaku persoalan penolakan mengganti majelis hakim, pengadilan memandang tidak ada alasan untuk mengganti tiga hakim yang menyidangkan nenek Loeana.

Menurut Amzer, majelis hakim diganti jika pernah menangani perkara yang sama. Dan Hakim memiliki hubungan kekeluargaan atau bisnis dan kaitan langsung dengan terdakwa. Sehingga dari semua ketentuan itu, tidak ada yang terpenuhi sehingga tidak ada alasan yang bisa dibuktikan untuk mengganti ketiga hakim itu.

"Janganlah membuat opini di luar bahwa kasus ini direkayasa oleh pengadilan. Jangan hanya ribut di luar, laporkan saja, kan ada Komisi Yudisial, Mahkamah Agung dan bila perlu Komisi Pemberantasan Korupsi suruh turun kesini menyelidiki," imhuh Amzer.[dit]

 
x