Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 17:30 WIB

PKS Berharap Rehabilitasi Misbakhun Berjalan Cepat

Oleh : Ajat M Fajar | Minggu, 29 Juli 2012 | 06:47 WIB
PKS Berharap Rehabilitasi Misbakhun Berjalan Cepat
Misbakhun - inilah.com/Agus Priatna
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Ketua DPP PKS, Aboe Bakar Al-Habsyi meminta kepada aparat penegak hukum untuk merehabilitasi nama baik koleganya yakni Misbakhun atas kasus Bank Century. Hal ini atas dikabulkannya Peninjauan Kembali (PK) Misbakhun oleh Mahkamah Agung (MA).

"Secara yuridis sebagai warga negara yang patuh terhadap hukum kita
harus hormati putusan MA tersebut, bila memang PK Misbakhun dikabulkan
berarti nama baik beliau harus direhabilitasi," ujar Aboe Bakar kepada INILAH.COM, Minggu (29/7/2012).

Menurutnya, rehabilitasi nama baik Misbakhun juga sesuai dengan Undang-undang Dasar yang berlaku apa bagi setiap warga negara yang dinyatakan tidak terbukti bersalah atas kasus kejahatan apapun.

"Hal ini sebagaimana diatur dalam pasal 1 angka 20 KUHAP, ini merupakan pemulihan haknya dalam kemampuan,kedudukan dan harkat serta martabatnya yang ditangkap, ditahan, dituntut atau diadili tanpa alasan berdasarkan UU," paparnya.

Untuk itu, PKS berharap proses rehabilitasi Misbakhun bisa berjalan dengan baik dan cepat menyusul MA sudah mengeluarkan keputusannya beberapa waktu lalu.

"Saya berharap proses rehabilitasi tersebut dapat dilakukan secara baik dan
proper, sehingga hak hukum, harkat dan martabat beliau dapat
dipulihkan," tandasnya.

Sebelumnya, Mahkamah Agung (MA) telah memutuskan dan mengabulkan peninjauan kembali (PK) yang diajukan Misbakhun. Putusan tersebut secara otomatis harus merehabilitasi dan membersihkan nama baik politisi PKS tersebut.

Putusan tersebut sudah dijatuhkan sejak 5 Juli 2012 lalu, meskipun hingga saat ini salinan putusan PK masih ada ditangan majelis hakim. Majelis hakim menilai Misbakhun terbukti melakukan pemalsuan dokumen dalam pencairan letter of credit dari Bank Century. Ditingkat kasasi putusan tersebut dikuatkan oleh Mahkamah Agung, sehingga divonis 1 tahun penjara.

Hakim menyatakan dia terbukti memalsukan surat gadai untuk memperoleh kredit di Bank Century dan melanggar ketentuan dalam Pasal 263 ayat (1) Jo Pasal 55 ayat (1) KUHP. Selain Misbakhun, hakim juga memberi vonis 1 tahun bagi Dirut PT Selalang Prima, Franky Ongkowardjojo. Seperti Misbakhun, Franky terbukti ikut memalsukan surat.[jat]

Komentar

 
x