Find and Follow Us

Minggu, 19 Mei 2019 | 18:41 WIB

Motif Bentrok di Maluku Perebutan Tambang Emas

Oleh : Renny Sundayani | Kamis, 12 Juli 2012 | 18:07 WIB
Motif Bentrok di Maluku Perebutan Tambang Emas
Ilustrasi - Inilah.com

INILAH.COM, Jakarta - Motif dibalik bentrokan di Pulau Buru, Maluku, diduga dipicu masalah perebutan lahan tambang emas.

"Rasa tidak senang terhadap masyarakat lain ini yang menjadi pemicu konflik berdarah," kata Kepala Bagian Penerangan Umum Komisaris Besar Agus Rianto, saat ditemui di kantornya, Kamis, (12/7/2012)

Meskipun sudah terjadi beberapa kali bentrokan, polisi belum menetapkan tersangka. "Kemungkinan adalah kelompok penambang liar, kita pastikan dalam penyelidikan selanjutnya," kata Agus.

Agus menjelaskan, personel polisi sulit olah di TKP lantaran jalan yang terputus menuju di TKP akibat banjir dan bencana. "Kesulitan teman-teman yang dihadapi teman Maluku pada saat kejadian kondisi di TKP sedang mengalami bencana, banjir jalan terputus sehingga menghambat petugas ke TKP," ucapnya.

Diberitakan sebelumnya, para penambang emas di kawasan Gunung Botak ini diserang dengan senjata tajam orang yang tidak dikenal pada 9 Juli 2012.

Penyerangan ini juga diduga merupakan kelanjutan bentrok yang terjadi sebelumnya pada Mei 2012. Sejak tambang tersebut ditemukan, bentrok yang menyebabkan korban jiwa dan luka-luka beberapa kali terjadi. [mvi]

Komentar

x