Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Jumat, 20 Oktober 2017 | 06:29 WIB

Tapol di Penjara Papua akan Diberi Amnesti

Oleh : Karel Stefanus Ratulangi | Rabu, 11 Juli 2012 | 04:11 WIB
Tapol di Penjara Papua akan Diberi Amnesti
Anggota Komisi III DPR RI Nasir Jamil - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Anggota Komisi III DPR RI, Nasir Jamil, menganggap bila memang dibutuhkan, para tahanan Politik yang mendekam di penjara Papua harus diberi amnesti oleh pemerintah.

Hal ini sama seperti di Aceh yang membebaskan para tahanan politik. Menyangkut masalah Papua ini DPR akan melakukan rapat gabungan untuk mencari jalan keluar penyelesaian masalah Papua. Ini merupakan masalah serius, karena seperti diketahui, Kapolri dan Menkopolhukam sudah melakukan kunjungan ke Papua namun persoalan belum juga selesai.

"Pada rapat gabungan nanti akan diinventarisasi masalah Papua, dan DPR akan mengundang tim Pemantau dalam rapat untuk membicarakan masalah - masalah Papua," ujarnya, Selasa (10/7/2012).

Seperti dijelaskan Kontras dan perwakilan dari masyarakat Papua, bahwa keadaan di Papua bukan membaik malah memburuk dalam penyelesaian masalah, terkait penegakan HAM. Hal ini dikarenakan langkah para penjaga Keamanan TNI dan Polri yang melakukan tindakan - tindakan kekerasan dan sewenang - wenang terhadap para warga Papua.

Anggota komisi III fokus dan memberikan perhatian khusus pada masalah Papua. Juga akan lebih serius dalam mengedepankan rencana dialog antara pihak-pihak terkait. "Permasalahan tahanan politik yang diberlakukan tidak manusiawi juga akan dibahas pada rapat gabungan nanti," ujarnya. [ton]

Komentar

 
x