Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 08:51 WIB

Kanselir Jerman Kaget MK Progresif Uji UU

Oleh : Sumitro | Selasa, 10 Juli 2012 | 21:07 WIB
Kanselir Jerman Kaget MK Progresif Uji UU
Angela Merkel dan Mahfud MD - inilah.com
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD mengungkapkan bahwa pertemuannya dengan Kanselir Jerman Angela Merkel di Ruang Delegasi Lantai 15 Gedung MK membahas dua hal serius mengenai kedua negara. Dua hal di maksud adalah menyangkut perkembangan hukum dan negara di Indonesia dan Jerman.

"Pembicaraan dibagi dua hal serius menyangkut perkembangan hukum dan konstitusi," jelas Mahfud dalam sesi jumpa pers usai pertemuan, Selasa (10/7/2012).

Mahfud mengungkapkan bahwa sejak 1945 atau sejak Indonesia merdeka, hingga 2003 tidak ada satupun Undang-Undang yang dibatalkan MK. Namun sejak tahun itu pula hingga Juli 2012, MK tercatat menguji materi Undang-Undang sebanyak 460 kali. Dari jumlah itu 138 di antaranya atau sekitar 27 persen memutuskan untuk membatalkan. "Dia (Angela Merkel) agak kaget. Jerman sendiri tidak se-progresif itu," ucapnya.

Dalam kesempatan itu, Mahfud juga menyampaikan mengenai perkembangan mengenai kebebasan beragama di Indonesia. Bahwa setiap orang bebas meyakini kepercayaannya masing-masing dan setiap orang tidak boleh mendapatkan tekanan dalam hal apapun.

"Saya menduga dia tahu, tapi dia tidak menanyakan itu secara eksplisit," terangnya mengenai beberapa kasus kebebasan beragama di Indonesia. [mvi]

Komentar

 
x