Logo Inilah Round Logo Inilah Letter

Find and Follow Us

Rabu, 18 Oktober 2017 | 08:43 WIB

Muhammadiyah Ikut Rumuskan Pancasila

Oleh : Sumitro | Sabtu, 2 Juni 2012 | 01:09 WIB
Muhammadiyah Ikut Rumuskan Pancasila
ist
facebook twitter

INILAH.COM, Jakarta - Organisasi Islam terbesar kedua di Indonesia, Muhammadiyah memiliki sejarah penting dalam perumusan naskah Pancasila yang sekarang digunakan sebagai landasan ideologi bangsa dengan umat Islam terbesar di Dunia. Hal tersebut dikemukakan salah satu Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Hajriyanto Y. Tohari, disela-sela pengajian rutin bulanan Muhammadiyah di kantornya, Jumat (1/6/2012) malam.

Dijelaskan, pada episode menjelang 18 Agustus 1945 ada panitia kecil untuk merumuskan naskah Pancasila sebelum akhirnya dibacakan Presiden Indonesia pertama Ir Soekarno.

"Pada episode pada 18 Agustus itulah peran tokoh Islam itu luar biasa besar, karena informasi yang diberikan oleh Mohammad Hatta mengajak bicara beberapa tokoh Islam yang terhormat dan itu sangat representatif," ungkapnya.

Tokoh Islam yang hadir saat itu, lanjut Tohari, adalah Ketua Muhammadiyah periode 1944-1953 Ki Bagus Hadikusuma, didampingi Muhammad Hasan dan Kahar Muzakir untuk merubah salah satu butir yang kontroversial yakni Ketuhanan dengan kewjiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluknya.

"Ki Bagus Hadikusuma hadir dengan rumusan yang sekarang berbunyi Ketuhanan yang Maha Esa (sila pertama). Itu sangat otentik dan merupakan sumbangan sebuah tokoh Islam yang saat itu menjabat Ketum Muhammadiyah," tambah Tohari. [ton]

Komentar

 
x